Jumat, 26 April 19

Gubernur Babel Tertarik Kapal Bambu Milik ITS

Gubernur Babel Tertarik Kapal Bambu Milik ITS
* Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti meluncurkan kapal Baito Deling di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya, Senin (2/7/2018). (Dok: KKP)

Surabaya, Obsessionnews.com – Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzladi Rosman Djohan menyatakan ketertarikannya untuk mengaplikasikan kapal Baito Deling di Babel.

Seperti diketahui, kapal berbahan dasar bambu laminasi yang pertama di dunia tersebut resmi diluncurkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya, Senin (2/7/2018).

Dalam siaran pers yang diterima Obsessionnews.com, Selasa (3/7) dijelaskan, kapal milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini mampu menekan biaya hingga 60 persen, menjadikan bambu sebagai material alternatif masa depan.

Menurut Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, kapal ini menjadi sebagai bentuk komitmen ITS untuk menjawab permasalahan masyarakat. Terlebih penelitian ini mendapatkan penghargaan The Distinction Medal dari The Royal Institution of Naval Architects (RINA), sebuah organisasi terbesar yang menaungi bidang perkapalan sejak tahun 1860 yang bermarkas di Inggris.

“Selain itu, inovasi ini mengingatkan saya pada pesan Bung Karno agar ITS  terus mengembangkan kelautan dan perkapalan Indonesia,” ujar Guru Besar Teknik Lingkungan itu. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.