Sabtu, 28 Januari 23

Grand Sheikh Al-Azhar Nilai Pancasila Sudah Sesuai dengan Nilai Keislaman

Grand Sheikh Al-Azhar Nilai Pancasila Sudah Sesuai dengan Nilai Keislaman
* Menko PMK Puan Maharani bertemu Grand Sheikh Al-Azhar. Foto/KBRI, Kairo, Mesir.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani bertemu dengan Grand Sheikh Mesir Ahmad Mohamad Ath-Tayeb, di Kairo, Mesir. Dalam kunjungannya itu Grand Sheikh Al-Azhar mengaku kagum dengan Indonesia karena memiliki Pancasila.

Menurutnya, semangat Pancasila bisa menjadi contoh negara-negara lain untuk bisa mempertahankan keutuhan negaranya melalui satu ideologi yang komprehensif dan berlaku universal. Pancasila juga dinilai sudah sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

“Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, prinsip musyawarah dan keadilan adalah intisari ajaran Islam,” kata Grand Sheikh Al-Azhar dalam keterangan tertulisnya yang diterima dari KBRI Kairo, Jumat (27/4/2018).

Grand Sheikh Al-Azhar juga menyatakan mengenal pemikiran Bung Karno sejak berada di bangku sekolah menengah. Menurutnya, Bung Karno bukan saja berjasa bagi peningkatan hubungan Indonesia-Mesir, namun juga memberikan kontribusi besar bagi dunia internasional.

Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzy, yang mendampingi Menko PMK, menggambarkan pertemuan Grand Sheikh Al-Azhar dengan Menko PMK berlangsung dengan sangat akrab, bersahabat, dan penuh kehangatan. Menurutnya, Grand Sheikh Al-Azhar sangat menghargai peran aktif Indonesia di dalam memajukan Islam moderat yang rahmatan lil ‘alamin.

Selain sebagai pejabat yang secara protokoler setingkat Perdana Menteri di Mesir, Grand Sheikh Al-Azhar juga merupakan salah satu tokoh penting Islam yang sangat berpengaruh di dunia. Hal itu antara lain dibuktikan dengan penghargaan dan pengakuan dari berbagai pemimpin dunia dan lembaga internasional.

Dia dinilai berperan aktif dan berkontribusi besar dalam penyebaran dan kemajuan ajaran Islam moderat yang jauh dari radikalisme dan intoleransi. Grand Sheikh Al-Azhar berada dalam urutan pertama dari daftar 500 tokoh Islam paling berpengaruh di dunia 2018 (The Worlds Most Influential Muslim).

Dalam kunjungannya ke Mesir selama tiga hari, Menko PMK antara lain bertemu dengan Grand Sheikh Al-Azhar dan Grand Mufti Mesir Shawki Allam, serta melakukan pertemuan dengan para pelajar Indonesia di Asrama Indonesia Universitas Al-Azhar.

Selain sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral, kunjungan Menko PMK ke Mesir untuk peningkatan kerja sama pendidikan dan keagamaan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.