Sabtu, 21 Mei 22

Grand dan Mulia Agung yang Masih Bertahan

Grand dan Mulia Agung yang Masih Bertahan
* Grand Theater.

Jakarta, Obsessionnews – Munculnya TV-TV swasta yang menyajikan aneka hiburan, termasuk menayangkan film asing, film nasional, dan sinetron, berpengaruh besar terhadap bisnis bioskop. Banyak orang enggan ke gedung bioskop dan lebih senang nongkrong di depan TV.

Mulia Agung Theater.
Mulia Agung Theater.

Kehadiran TV-TV tersebut menjadi salah satu penyebab bangkrutnya bioskop di berbagai daerah. Tak sedikit gedung bioskop yang telah berubah fungsi menjadi mall dan hotel. Hanya sedikit dan bisa dihitung dengan jari gedung-gedung bioskop lama yang berdiri di tahun 60-an dan 70-an yang masih bertahan.

Di Jakarta, dua di antara sedikit gedung bioskop lama yang masih bertahan sampai sekarang adalah Grand Theater dan Mulia Agung Theater yang terletak di Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat. Sedangkan sejumlah ‘rekan’-nya telah lama tewas, antara lain Gita Bahari dan Rivoli yang juga berlokasi di Jl. Kramat Raya.

Grand dan Mulia Agung berada di satu area. Kedua gedung bioskop ini didirikan pada pertengahan ’60-an. Gedungnya masih kokoh berdiri tapi jauh dari kesan apik.

Film-film yang diputar adalah film-film asing dan nasional yang lama. Atau dengan kata lain setelah beberapa bulan diputar di jaringan bioskop 21, barulah diputar di Grand dan Mulia Agung.

Kendati yang diputar adalah film-film lama, toh peminatnya cukup banyak. Pada hari-hari biasa Grand dan Mulia Agung memutar film pada pukul 15.00 – 21.00 WIB. Sedangkan khusus hari Sabtu memutar film mulai pukul 13.00 WIB hingga dini hari. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.