Jumat, 26 April 24

Gosok Gigi Sebelum Keluar Rumah Bisa Cegah Covid-19 ?

Gosok Gigi Sebelum Keluar Rumah Bisa Cegah Covid-19 ?
* ilustrasi - wajib gosok gigi

Nampaknya, kita perlu menggosok gigi sebelum keluar rumah agar mencegah tertular virus Corona (Covid-19). Seorang profesor gigi telah menganjurkan orang untuk menyikat gigi sebelum meninggalkan rumah dalam upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Martin Addy, profesor kedokteran gigi Emeritus di University of Bristol, mengatakan pasta gigi dapat mengurangi kemungkinan menangkap atau menyebarkan penyakit melalui mulut.

Ia mengungkapkan, efek antimikroba dari pasta gigi hanya bertahan dari tiga hingga lima jam. Orang Inggris pun disarankan menyikat gigi sebelum pergi ke luar untuk memastikan efeknya aktif jika mereka bersentuhan dengan orang lain.

“Para ilmuwan dalam mendukung penutupan mulut dan hidung, telah menekankan peran tetesan air liur dalam penyebaran COVID-19,” kata Martin seperti dilansir mirror.co.uk, Rabu (29/4/2020).

Pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan yang ditemukan di gel handwash yang direkomendasikan untuk mencegah virus corona.

“Memang, tindakan antimikroba dari pasta gigi di mulut berlangsung selama tiga hingga lima jam dan dengan demikian akan mengurangi viral load dalam air liur atau infeksi oleh virus yang masuk ke mulut,” jelasnya.

Menurut dia, orang yang ingin memaksimalkan efek pencegahan bisa menyikat gigi sebelum meninggalkan rumah. Sebab, sebagian populasi orang-orang lockdown, salah satu penyaring bisa dilakukan segera sebelum meninggalkan rumah untuk berolahraga, berbelanja, dan lainnya.

“Untuk para pekerja di NHS, menyikat gigi harus dilakukan sebelum mengenakan peralatan pelindung,” paparnya.

Dalam surat sebelumnya kepada British Dental Journal, Mr Addy mengatakan dia terkejut profesi dokter gigi belum mempromosikan menyikat gigi sebagai pendekatan pencegahan terhadap coronavirus.

Dia menambahkan bahwa praktik kebersihan mulut yang disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit harus diperkuat.

Mr Addy mengatakan banyak dari mereka yang tidak melakukan ini adalah beberapa yang paling rentan terhadap Covid-19, seperti orang tua di panti jompo yang mengandalkan pengasuh untuk menyikat gigi. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.