Sabtu, 4 Februari 23

Google Doodle Rayakan HUT Penulis Afrika Olaudah Equiano

Google Doodle Rayakan HUT Penulis Afrika Olaudah Equiano
* Aktivis pembebasan perbudakan, Olaudah Equiano. (Dok.Wikipidea)

Jakarta, Obsessionnews.com – Halaman Google Doodle hari ini, Senin (16/10/2017), dihiasi potret seorang pemuda berkulit hitam yang sedang menulis. Di sisi kiri dan kanan terlihat kapal dan lautan yang dibingkai dengan tali rantai.

Ternyata Google Doodle merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-272 Olaudah Equiano, seorang penulis asal Nigeria yang melawan perbudakan di Britania Raya pada abad ke-18.

Olaudah Equiano yang diperkirakan lahir pada tahun 1746 ini  merupakan bangsa Igbo, salah satu etnik terbesar di Afrika. Ia dibebaskan dari perbudakan pada tahun 1766.

Halaman Google Doodle hari ini, Senin (16/10/2017) menampilkan Olaudah Equiano.

Memiliki julukan Gustavus Vassa, pria yang menikah dengan wanita Inggris ini dikenang sebagai orang yang membebaskan kaum perbudakan. Sehingga tak ada lagi manusia yang diperjual-belikan.

Otobiografinya dipublikasi pada tahun 1789 menjadi catatan sejarah yang dianggap sebagai permulaan sastra Afrika modern.

Berita tentang Olaudah Equiano menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Senin (16/10/2017) pukul 12.00 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 200.000 kali. (Popi)

Baca juga: 

Google Doodle Rayakan HUT Penulis Afrika Olaudah Equiano

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.