Sabtu, 16 Oktober 21

Golkar Partai Ajaib yang Tetap Eksis (Bagian 3)

Golkar Partai Ajaib yang Tetap Eksis (Bagian 3)
* Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung. (Foto: dok.Jawapos.com)

 Golkar Kembali Berjaya pada Pemilu 2004

Akbar Tandjung terbukti piawai memimpin Golkar. Setelah mengantarkan Golkar menjadi runner up pada Pemilu 1999, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) ini berhasil mengantarkan Golkar kembali berjaya pada Pemilu 2004. Golkar menjadi juara dengan memperoleh 128 kursi DPR dari total 550 kursi yang diperebutkan. Posisi kedua ditempati PDI-P yang mendapat 109 kursi, dan tempat ketiga diduduki PPP yang memperoleh 58 kursi.

Baca Juga:

Golkar Partai Ajaib yang Tetap Eksis (Bagian 1)

Golkar Partai Ajaib yang Tetap Eksis (Bagian 2)

 

Meski sukses mengembalikan kejayaan Golkar, Akbar kalah bersaing dengan mantan Panglima TNI Wiranto dalam konvensi capres Golkar. Dalam Pilpres 2004 Golkar mengusung pasangan Wiranto dan tokoh NU Salahuddin Wahid.  Namun, jagoan Golkar tersebut menelan kekalahan.  Pemenang Pilpres 2004 adalah duet pendiri Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan politikus Golkar  Jusuf Kalla (JK).

SBY-JK dilantik sebagai Presiden dan Wakl Presiden RI periode 2004-2009 pada 20 Oktober 2014.

Pada Desember 2004 Golkar menggelar Munas. Dalam Munas tersebut JK terpilih menjadi Ketua Umum Golkar periode 2004-2009 setelah menaklukkan Akbar Tandjung.  (arh/Bersambung)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.