Rabu, 24 April 19

Gita Wirjawan Revitalisasi Pasar Boja dan Pasar Bintoro

Gita Wirjawan Revitalisasi Pasar Boja dan Pasar Bintoro
Gita Wirjawan saat meninjau pasar.
Gia
Kendal – Tingkatkan daya saing pasar tradisional, Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan Revitalisasi dan penataan kembali Pasar Boja juga Pasar Bintoro.
 
“Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, meningkatkan citra dan daya saing pasar tradisional dalam menghadapi pertumbuhan toko modern yang cukup pesat, serta mendorong perekonomian nasional yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gita saat meresmikan Pasar Boja di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (24/5).
 
Revitalisasi pasar lanjut Gita dapat memberikan hasil yang positif terhadap peningkatan omset transaksi. “Hasil evaluasi terhadap kinerja 10 pasar percontohan yang dibangun tahun 2011 menunjukkan adanya peningkatan omset transaksi sebesar 33%-85% dibandingkan sebelum revitalisasi,” jelasnya.
 
Gita berharap bahwa revitalisasi Pasar Boja setelah mengalami kebakaran di tahun 2007 ini mampu menstimulasi perekonomian masyarakat di Kabupaten Kendal, serta memberikan kegembiraan dan kelegaan para pedagang sehingga dapat berjualan kembali.
Pasar Boja dijadikan sebagai pasar percontohan oleh Kementerian Perdagangan karena lokasinya yang strategis di kawasan perdagangan di pusat kota, aman dan mudah diakses dari wilayah di sekitarnya, yaitu Kota Semarang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Batang. Pasar Boja juga menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah dan terjangkau masyarakat.
 
Sejak tahun 2011-2013, Kemendag telah merevitalisasi 447 unit pasar tradisional yang terdiri dari 53 unit pasar percontohan dan 394 unit pasar non percontohan melalui dana Tugas Pembantuan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28 unit pasar tradisional berada di Provinsi Jawa Tengan dengan anggaran sebesar Rp 180 miliar (9,12%). Jumlah ini sudah termasuk Revitalisasi Pasar Boja sebesar Rp 4 miliar.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.