Minggu, 21 April 19

Gita Wirjawan Janji Cegah Kenaikan Harga Jelang Ramadhan

Gita Wirjawan Janji Cegah Kenaikan Harga Jelang Ramadhan
Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan (ist).
Gia
Jakarta– Pemerintah akan terus melakukan pemantauan harga dan menambah pasokan bahan kebutuhan pokok untuk mencegah kenaikan harga menjelang lebaran.Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan saat melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok ke Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12/5).

 “Ini merupakan komitmen Pemerintah untuk secara intensif memantau perkembangan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar menjelang bulan Puasa dan Lebaran yang tidak lama lagi,” ujar Gita.
 
Dalam kunjungannya, Gita memberi perhatian khusus pada perkembangan harga komoditi daging sapi yang saat ini masih bertahan pada tingkat harga cukup tinggi. “Harga daging sapi di Pasar Klender masih stabil di kisaran Rp.90.000/kg, sementara untuk harga rata-rata nasional hasil pantauan Dinas Perdagangan di Indonesia sebesar Rp 87.612/kg,” jelasnya.
Gita menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga agar harga daging sapi tetap stabil dan bahkan turun, serta tersedia di pasar-pasar bagi masyarakat. “Penambahan pasokan daging sapi merupakan alternatif jangka pendek yang akan kami lakukan dalam menstabilkan harga, disamping terus mendorong percepatan mobilisasi sapi siap potong dari peternak ke pasar,” tegasnya.
 
Berdasarkan hasil pantauan Gita di Pasar Klender, beberapa bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, bawang putih dan daging ayam, harganya tidak mengalami perubahan selama dua hari terakhir. Sementara harga telur ayam dan cabe rawit merah mengalami penurunan, masing-masing menjadi sebesar Rp.17.500/kg dan Rp.24.000/kg. Namun, untuk harga bahan kebutuhan pokok seperti Cabe Merah Biasa dan Cabe Merah Keriting terpantau masih mengalami kenaikan, masing-masing menjadi sebesar Rp.28.000/kg dan Rp.29.000/kg. Demikian juga untuk Bawang Merah yang masih terpantau pada kisaran harga yang cukup tinggi sebesar Rp.32.000/kg.
Gita menyadari akan adanya kenaikan harga beberapa bahan kebutuhan pokok menjelang bulan Puasa. Meskipun demikian, Mendag akan terus mengupayakan agar kenaikan tersebut dapat diminimalisasi dengan melakukan pemantauan harga dan pasokan secara terus menerus. “Pemerintah juga akan bekerja sama dengan para pelaku usaha untuk mempersiapkan sejumlah Pasar Murah menjelang dan pada saat bulan puasa di beberapa wilayah di Indonesia,” imbuhnya.
 
Di sela-sela kunjungannya, Gita mengimbau kepada masyarakat yang ada di Pasar Klender agar tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan, khususnya menjelang Puasa dan Lebaran. “Memasuki Puasa dan Lebaran, permintaan masyarakat cenderung lebih tinggi dibanding hari-hari biasa, sehingga pembelian yang berlebih akan memicu kenaikan harga. Masyarakat seharusnya tidak perlu khawatir karena pemerintah akan terus menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pokok,”pungkasnya. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.