Sabtu, 20 April 24

Ginjal Seberat 7,4 Kg Diambil Dari Tubuh Seorang Pasien

Ginjal Seberat 7,4 Kg Diambil Dari Tubuh Seorang Pasien
* Ginjal seberat 7,4 kilogram diambil dari tubuh seorang pasien di India. (BBC)

Sejumlah dokter di India mengambil sebuah ginjal seberat 7,4 kilogram, atau setara dengan bobot dua bayi baru lahir, dari tubuh seorang pasien. Ginjal ini beratnya sama dengan lebih 50 kali dari ginjal manusia normal.

Diyakini organ tersebut merupakan ginjal terbesar yang diambil dari tubuh pasien di India. Bobot sebuah ginjal biasanya berkisar antara 120-150 gram.

Pasien itu disebut mengidap Autosomal Dominant Polycystic Kidney Disease, yang menyebabkan beragam kista tumbuh pada ginjalnya.

Seorang dokter yang terlibat dalam operasi, mengatakan ginjal berukuran besar lazim ditemukan pada pasien-pasien pengidap penyakit tersebut.

ginjal seberat 7,4 kg diambil dari tubuh seorang pasien. (FMT)

Akan tetapi, menurut Dr Sachin Kathuria dari Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi, dokter biasanya tidak akan mengambil organ kecuali ada gejala infeksi dan pendarahan internal mengingat fungsi ginjal penting bagi penyaringan di dalam tubuh.

“Pasien ini terjangkit infeksi parah sehingga tidak merespons antibiotik dan ukuran besar ginjal menyebabkan pasien mengalami kesulitan bernpas. Dengan demikian, kami tidak ada pilihan kecuali mengambilnya,” papar Kathuria.

Ditambahkannya, para dokter sudah tahu bakal menemukan ginjal besar saat melakukan operasi. Namun, ukuran ginjal yang satu ini tetap membuat mereka terkejut. “Ginjal dia yang lain bahkan lebih besar,” katanya kepada BBC.

Ginjal manusia

Ginjal terberat, menurut Rekor Dunia Guinness, adalah 4,5 kilogram. Namun, jurnal-jurnal urologi mencatat ada ginjal-ginjal yang lebih berat dari rekor Guinness.

Berat sebuah ginjal di AS mencapai 9 kilogram, sedangkan ginjal dari Belanda 8,7 kilogram.

Dr Kathuria mengatakan para dokter belum memutuskan apakah akan mengajukan temuan mereka ke Guinness sebagai rekor dunia, namun mereka tengah “mempertimbangkannya”.

Berdasarkan laman Layanan Kesehatan Inggris, penyakit kista pada ginjal disebabkan faktor keturunan. Penyakit itu akan menimbulkan masalah tatkala pasien berusia antara 30 sampai 60 tahun. Fungsi ginjal akan terganggu sampai akhirnya mengalami kegagalan fungsi. (*/BBC)

Sumber: BBC Magazine

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.