Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Gila dan Memalukan, Italia Tim Terkuat Tidak Lolos Piala Dunia 2022

Gila dan Memalukan, Italia Tim Terkuat Tidak Lolos Piala Dunia 2022
* Roberto Baggio. (Getty/Goal)

Legenda sepak bola Italia Roberto Baggio menganggap fakta bahwa Azzurri tidak dijamin masuk Piala Dunia 2022 setelah menjuarai Euro 2020 adalah hal “memalukan” dan “gila”.

Penggawa Azzurri legendaris itu meyakini bahwa pasukan Roberto Mancini pantas dihadiahi kelolosan ke Piala Dunia Qatar 2022

Pasukan Roberto Mancini memang menggondol trofi kontinental di musim panas 2021, tetapi gagal mengamankan tiket untuk ikut adu kuat antar negera di Qatar akhir tahun ini.

Kekalahan mengejutkan di tangan Makedonia Utara di play-off memastikan Italia bakal melewatkan Piala Dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut, tetapi Baggio mempertanyakan mengapa mereka tidak dijamin lolos sebagai kampiun Eropa.

Italia justru tak mampu menjaga konsistensi usai mengalahkan Inggris di Wembley pada gelaran final Euro, tetapi Baggio merasa seharusnya itu tak jadi soal.

Mantan playmaker Azzurri itu menyampaikan kritikannya pada sebuah acara di bandara Flumicino di Roma: “Italia memenangkan Piala Eropa, menurut saya memalukan, gila, bahwa mereka tidak diberi kelolosan otomatis ke Piala Dunia karenanya.”

“Siapa pun bisa saja kalah satu laga melawan tim mana pun di hari yang buruk, tetapi pemain-pemain ini pantas mendapatkan penghargaan atas apa yang mereka capai, bukan? Kalau saya ada di skuad itu, saya bakal kesulitan menerimanya.”

Azzurri menorehkan kenangan manis di ‘rumah’ sepakbola Inggris pada 11 Juli 2021 setelah menang adu penalti melawan The Three Lions, dan mengangkat trofi Piala Eropa.

Namun sejak saat itu, mereka terseok-seok sampai hanya mampu mengantongi tiga kemenangan dari 10 laga.

Pasukan Mancini mendominasi laga play-off versus Makedonia Utara kemarin Maret, tetapi kebobolan di menit ke-92 dan harus merelakan tiket ke Qatar.

Mereka juga kembali keok di pertandingan terakhir, di laga Finalissima melawan juara Copa America, Argentina.

Dia menambahkan: “Menurut saya Italia menderita luka psikologis gara-gara tereliminasi dari Piala Dunia. Anda bisa lihat ini masalah psikologis.”

“Kita melihatnya [di kekalahan 3-0 versus Argentina], kalian tak bisa membandingkan betapa tenang dan percaya dirinya pemain Argentina dengan kondisi mental kami saat ini.”

“Roberto Mancini meraih sesuatu yang luar biasa, dia harus dihormati dan diperbolehkan meneruskan pekerjaan yang dia lakukan. Kami memiliki bakat-bakat muda yang tidak diberi ruang untuk bermain di Serie A, dan itu masalah yang sudah menjadi rahasia umum. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.