Sabtu, 27 November 21

Gerindra, PDI-P dan Hanura Dukung Perppu Kebiri

Gerindra, PDI-P dan Hanura Dukung Perppu Kebiri

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mendukung dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak atau Perppu Kebiri.

Menurutnya, dengan diterbitkannya Perppu itu menandakan pemerintah merespon baik harapan-harapan dari masyarakat untuk memperberat dan menambah hukuman bagi pelaku kejahatan dan pelecehan seksual terhadap anak.

“Nanti tentu akan diuji di DPR, apakah kita terima atau kita tolak, tapi saya yakin mayoritas anggota DPR akan menerima Perppu ini, kalaupun ada satu dua koreksi,” ujarnya di DPR, Kamis (26/5/2016).

Ketua Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon mengaku partainya sangat mendukung dengan adanya Perppu tersebut. Menurutnya, hukuman mati dan tambahan har‎us diterapkan untuk para predator anak.

“Bangsa ini akan mengalami masalah besar di kemudian hari. Dan kita harus tunjukan ke publik dan internasional bahwa bangsa Indonesia bangsa yang tegas,” kata Nurdin di DPR Kamis (26/5/2016).

Sementara itu, Fraksi PDI Perjuangan juga punya pandangan sama. Menurut anggota Komisi III Masinton Pasaribu, saat ini kejahatan seksual di Indonesia masuk tahap kronis. Pihaknya bakal mendorong Perppu lolos menjadi undang-undang di parlemen.

“PDI Perjuangan pasti mendukung, karena kekerasan seksual ini sudah tahap darurat,” ujar Masinton.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Perppu tersebut isinya memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak, yakni ancaman hukuman mati apabila korban mengalami luka berat, gangguan jiwa sampai kematian, dan pidana penjara minimal 10 tahun sampai maksimal 20 tahun

Perppu ini juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.