Sabtu, 16 Oktober 21

Geram Banyak Tumpukan Sampah, Lurah Lubang Buaya Gencarkan Program OTT

Geram Banyak Tumpukan Sampah, Lurah Lubang Buaya Gencarkan Program OTT
* Lurah Lubang BuayaMaulana Yusup. (Foto: Ng)

Bekasi, Obsessionnews.com – Lurah Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu,  Kabupaten Bekasi, Bekasi Maulana Yusup geram terkait persoalannya sebagian wilayah di lingkungan jalan raja 03/02, tepatnya di sisi sepanjang jalan Tol Baru Cimanggis dipenuhi timbunan sampah rumah tangga.

Lurah Maulana Yusuf sering disapa Yosep menghimbau agar masyarakat peduli kebersihan lingkungan. “Saya menghimbau masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Kalau lingkungan bersih pasti akan menciptakan suasana yang sehat,” ujarnya.

Imbauan dalam bentuk Bener yang bertuliskan “dilarang keras !!! buang sampah di sepajang jalan ini, buang sampah laah pada Tempatnya”, kiranya tidak efektif. Dikarenakan, warga yang tidak bertanggungjawab tetap saja membuang sampah di sisi jalan sepanjang jalan raya kp. Utan Setu menuju ke Kantor Desa lubang buya. Informasi dihimpun menyebutkan, warga datang membuang sampah di malam hari.

Bau busuk menyengat keluar tumpukan sampah tersebut. Guna menyelesaikan persoalan itu, lurah Maulana Yusuf memerintahkan untuk memberikan hukuman jika ada yang kedapatan buang sampah di area dimaksud.

Membuang sampah sembarangan jadi perilaku buruk yang paling mudah ditemui di masyarakat. Tak mau wilayahnya kotor karena sampah, Lurah Lubang buaya Kec. Setu, Kabupaten Bekasi siap menggencarkan program operasi tangkap tangan alias OTT para pelaku pembuang sampah sembarangan degan UU Perda No. 4  Tahun 2012 Tentang Ketertiban Umum. Bagi yang melanggar akan dikenakan hukuman 6 Bulan tanahan dan denda 50 juta Rupiah, tegas lurah.

Tapi sebelum upaya OTT, Yosep lebih mengedepankan sosialisasi bagi warganya agar tidak membuang sampah sembarangan. Kesadaran individu memang jadi kunci agar lingkungan tetap bersih.

“Kalau tertib buang sampah itu dari masing-masing individu yang punya kesadaran. Tapi saya meningkatkan kesadaran mulai dari persuasif, turun ke wilayah bertemu warga, memberi imbauan ke pengurus RW, RT agar aktif sosialisasi ke warga juga,” kata Lurah Yosep saat dikonfirmasi, Selasa (26/1). (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.