Kamis, 26 Mei 22

Gerakkan Ekonomi, Pembangunan Infrastruktur Perlu Libatkan Swasta

Gerakkan Ekonomi, Pembangunan Infrastruktur Perlu Libatkan Swasta

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi mendorong supaya pihak swasta dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Swasta dianggap lebih fleksibel, lincah, berpeluang untuk menarik dana-dana dari luar negeri serta memiliki kapasitas dalam leveraging yang lebih baik dibandingkan dengan pemerintah.

“Intinya keterlibatan swasta harus terus didorong agar pembangunan infrastruktur dapat lebih cepat dan pergerakan roda perekonomian nasional bisa lebih baik lagi,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Menurut Presiden, keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur juga dilakukan negara-negara lain di dunia dan di mana mereka rata-rata berperan antara 22% dan yang tertinggi sampai 40%. Untuk meggerakkan roda perekonomian nasional, jelas Jokowi tidak bisa sepenuhnya hanya dilakukan pemerintah sendiri tapi swasta juga perlu dilibatkan.

“Swasta perlu diikutsertakan dalam rangka partisipasi menggerakkan roda perekonomian, utamanya dalam prioritas kitan dalam pembangunan infrastruktur,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan pemerintah telah melakukan beberapa kebijakan untuk menarik swasta terlibat dalam pembangunan infrastruktur. Namun kebijakan itu perlu dukungan iklim investasi berupa regulasi-regulasi yang menjamin kepastian usaha, memberikan pelayanan yang baik, serta memberikan insentif.

“Jika swasta tidak bisa masuk sepenuhnya bisa juga ditawarkan opsi berikutnya yaitu PPP kerja sama BUMN atau BUMD dengan swasta dan PPP dapat juga digunakan untuk infrastruktur yang critical bagi layanan publik dan pada dasarnya sudah layak secara komersial,” ucap Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.