Senin, 6 Februari 23

Gerakan Bela Negara, Selamatkan Negara Kokohkan Bangsa

Gerakan Bela Negara, Selamatkan Negara Kokohkan Bangsa
* Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyalami pengurus Gerakan Bela Negara (GBN) di kantor Gubernur Sumbar, Jumat (11/3/2016)

Padang, Obsessionnews – Membela negara tidak selalu angkat senjata. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membela negara, di antaranya meluruskan ideologi negara. Perjuangan itu digelorakan Gerakan Bela Negara (GBN).

GBN merupakan wadah organisasi yang terdiri dari latar belakang profesi dan ilmu, baik kaum tua maupun yang masih muda. Organisasi itu dibentuk untuk menyelamatkan negara dan mengokohkan bangsa.

Di Sumatera Barat (Sumbar) organisasi itu masih baru dan pengurusnya baru dilantik Jumat (11/3). Pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) GBN dilakukan oleh Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GBN Mayor Jenderal (Mayjen) (Purn) TNI Budi Sudjana.

pelantikan pengurus GBN 2
Mayor Jenderal (Mayjen) (Purn) TNI Budi Sudjana (kiri) melantik pengurus Gerakan Bela Negara (GBN).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap GBN mampu membangkitkan semangat dan nasionalisme bangsa dan negara. Membimbing para genarasi muda untuk menjadi genarasi yang menjunjungi tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketua DPW GBN Sumbar Bachtiar Kahar mengatakan lahirnya GBN berawal dari kecemasan kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya bangsa yang sudah mulai dirasuki paham-paham yang berbahaya.

“Situasi dan kondisi di Indonesia saat ini dalam keadaan yang tidak stabil,” kata Bachtiar Kahar usai pelantikan di Gubernuran Jum’at (11/3).

Bachtiar Kahar optimis, jika masyarakat mendukung dan bekerjasama dengan GBN, maka ancaman tersebut bisa diatasi. Keyakinan itu didasarkan atas orang-orang yang berada di dalam Ormas tersebut terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan para pejuang. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.