Jumat, 30 Oktober 20

Generasi Milenial Dituntut Ikut Andil dalam Kemajuan Koperasi

Generasi Milenial Dituntut Ikut Andil dalam Kemajuan Koperasi
* Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring membuka diskusi Pemuda dan Rebranding Koperasi di Era Milenial, di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Jakarta, Obsessionnews.com – Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring berharap generasi milenial memiliki peran yang sangat besar dalam melestarikan dan mengembangkan koperasi di tanah air.

“Kalau generasi milenial cuek dan tidak peduli, maka masa depan koperasi di Indonesia akan suram,” ungkap Meliadi dalam diskusi Pemuda dan Rebranding Koperasi di Era Milenial, di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Yang mengherankan, saat generasi milenial ditanya tentang koperasi, maka yang ada dalam pikirannya adalah hal-hal yang kurang baik (rentenir berkedok koperasi), beli pulpen, dan sebatas pinjam uang.

“Padahal, banyak juga koperasi-koperasi di Indonesia yang berkualitas, sistem modern, menggunakan IT, serta bermodal dan beraset triliunan rupiah,” tutur Meliadi.

Meliadi mengatakan sekarang saatnya generasi milenial merasa penting untuk ikut bersama-sama dalam menggerakkan ekonomi nasional melalui pemberdayaan koperasi.

“Generasi milenial yang akan memiliki koperasi di masa depan,” pungkas dia.

Pengamat perkoperasian Suroto mengajak seluruh stakeholder untuk terus menggaungkan bahwa koperasi itu merupakan organisasi modern dan futuristik yang tidak mengejar keuntungan bagi pemodal.

“Koperasi mengejar kesejahteraan bagi seluruh anggota dan masyarakat sekitar. “Contohnya kongkrit, di negara maju seperti Singapura dan Amerika Serikat yang besar-besar itu berbadan hukum koperasi,” kata Suroto.

Suroto pun mengajak generasi milenial untuk mereposisi koperasi sebagai sebuah sistem ekonomi masa depan dan modern yang bisa menjawab tantangan kebangsaan

“Karena, koperasi memiliki nilai kebersamaan dan keadilan untuk mengejar kesejahteraan anggota,” tandas Suroto.

Ketua Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) Pendi Yusuf menyebutkan untuk melakukan Rebranding Koperasi di kalangan generasi milenial harus mampu memenej media sosial secara efektif, terarah, dan terukur.

“Sarana yang pas untuk saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk terus memviralkan secara efektif mengenai koperasi ke kalangan generasi milenial,” kata Pendi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.