Sabtu, 20 Juli 19

Gemura Ajak Kubu 01 dan 02 Kampanye Damai

Gemura Ajak  Kubu 01 dan 02 Kampanye Damai
* Jalan sehat kampanye damai yang diadakan Gemura. (Foto: Dokumentasi Gemura)

Jakarta, Obsessionnews.com – Jelang Pilpres 2019 suhu politik tanah air kian memanas, berbagai isu berseliweran untuk menguatkan atau menjatuhkan masing-masing calon presiden. Bahkan fitnah dan hoax kini menjadi santapan informasi setiap hari bagi masyarakat. Akibatnya masyarakat saling curiga, ribut antara satu dengan yang lain.

Dengan semakin meluasnya kampanye hitam dengan berbagai kabar hoax itu. Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) menggelar kampanye damai melalui jalan sehat pada acara car free day di Jalan Tmahrin, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2019). Mengusung tema “Kebersamaan Menjadikan Negara Kuat” Gemura ingin mengajak semua elemen bersatu membangun kebersamaan.

Acara itu mendapat antusias dari masyarakat. Gemura yang berkolaborasi dengan Konas Menwa juga mengundang tim kampanye dari pasangan capres-cawapres nomor urut 01 dan 02 serta unsur pemerintah. Melalui kegiatan ini masyarakat berharap, Indonesia tidak terpecah belah meski pilihan politik berbeda. Karena persatuan adalah yang utama.

“Baik Pak Jokowi maupun Pak Prabowo keduanya kan sama-sama punya tujuan dan niat yang baik untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju. Jadi kalau beda pilihannya nggak usah gontok-gontokan. Siapapun yang jadi itu lah presiden kita yang harus kita dukung bersama demi Indonesia jaya,” ujar Fitriani Azizah, warga DKI yang ikut jalan sehat di car free day Minggu pagi.

Dari kubu 01 acara ini dihadiri Ketua Kaukus Anak Muda Indonesia (KAMI) Rosyid T Walid, dari 02 ada dari Badan Penanangan Nasional (BPN) Ahmad Riza Patria, lalu ada juga perwakilan pemerintah dari Disnas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, serta ada Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (APTSI), dan Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo).

Riza Patria yang juga anggota Komisi II DPR ini menyambut baik acara ini. Melalui jalan sehat ini, ia berharap, semua pihak bisa tersadarkan untuk tidak membuat kecurangan dengan menghalalkan berbagai cara demi kepentingan kekuasaan. Karena bila kecurangan dalam kampanye ini terus terjadi, maka rakyat akan menjadi korbannya.

“Melalui kampanye jalan sehat ini semoga manfaatnya bukan hanya fisik kita saja yang sehat, tapi akal pikiran kita juga sehat. Tidak lagi memproduksi kabar hoax, kampanye bisa berlangsung damai, tertib, tanpa kecurangan. Karena semua itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Setelah jalan sehat dari Kantor Bawaslu Pusat ke Bundaran HI, mereka kembali lagi ke Bawaslu. Masyarakat yang ikut jalan sehat ini diberikan kupon berhadiah dari Gemura. Bagi yang beruntung, hadiah dibagikan diakhir acara. Tak lupa acara kampanye damai dengan jalan sehat ini ditutup dengan pembacaan deklarasi damai oleh fungsionaris Gemura Naelu Rizqi.

Berikut isi deklarasi kampanye damai dari Gemura

Deklarasi kampanye damai pemilu tahun 2019

(No Hoax, No SARA)

Kami generasi bangsa, berjanji:

Satu, mengawal pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas.

Dua, ikut mengawal kampanye pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang.

Tiga, menjaga keutuhan bangsa dan Bhinneka Tunggal Ika.

Jakarta, 10 Maret 2019

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.