Jumat, 29 Oktober 21

Gempa Mentawai, Mensos Kirim Dapur Umum

Gempa Mentawai, Mensos Kirim Dapur Umum
* Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa (keempat dari kiri).

Surabaya, Obsessionnews – Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa meminta bupati dan wali kota yang terkena bencana berlakukan darurat bencana. Khusus untuk gempa Mentawai yang kemarin kembali mengguncang, Kemensos sudah melakukan langkah penanganan.

“Kita kirimkan Tagana dari Padang, Mobil Dunlap ( Dapur umum untuk lapangan, red),” katanya usai berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kamis (03/03/2016).

Kata Khofifah, untuk penanganan awal, Bupati Mentawai harus mengeluarkan surat tanggap darurat sehingga bisa mengeluarkan beras 100 ton, jika dirasa masih kurang, surat disampaikan ke gubernur agar bisa keluarkan 200 ton, dan masih belum teratasi, maka Kemensos akan mengambil alih penanganan.

” Itu ( status tanggap bencana) secepatnya dikeluarkan, sehingga penanganan bisa lebih cepat,” imbuh Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat tersebut.

Pemberlakuan status tanggap darurat yang berhak mengeluarkan adalah daerah setempat. Kemudian, akan menjadi rujukan penanganan bencana di daerah tersebut. Untuk itu, Kemensos akan melakukan tindakan jika surat sudah diterima. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.