Jumat, 27 Mei 22

Gelaran Desember KITARUPA 2020 untuk Bantu Pekerja Seni di Masa Pandemi

Gelaran Desember KITARUPA 2020 untuk Bantu Pekerja Seni di Masa Pandemi
* Gelaran Desember KITARUPA 2020. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Covid-19 memang tak menghajar fisik seseorang saja. Pandemi ini juga berdampak pada perekonomian Indonesia, bahkan negara-negara lainnya.

Imbas dari pandemi Covid-19 ini di berbagai sektor turut terdampak. Terutama mereka yang merupakan pekerja seni. Alhasil berbagai cara terus dilakukan oleh para pekerja seni, mulai dari pelukis hingga pembuat patung.

Diinisiasi oleh Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA), puluhan pekerja seni seolah mendapatkan semangat baru di tengah pandemi.

Untuk itu, Gelaran Desember KITARUPA 2020 untuk membantu para seniman di tengah pandemi dilangsungkan. Pergelaran acara tersebut berlangsung di Gedung Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur.

“Gelaran KITARUPA ini adalah menandai seluruh ajang kreativitas di semua bidang seni, yang kebetulan dipusatkan di Pasar Gembrong dan akan dilakukan setiap tahun Pada bulan Desember,” kata Ketua Umum KITA, Maman di lokasi, Kamis (10/12/2020).

Dia menegaskan, ini membuktikan bahwa di tengah kesulitan pandemi ini pekerja seni masih tetap membutuhkan image, spirit dan terus berkarya dan terus eksis.

“Sehingga pandemi dimaknai kita bukan sebuah wabah yang menakutkan, tetapi justru menjadi momentum untuk kita untuk berkreatifitas menunjukkan jati diri kita sebagai manusia,” tambahtnya.

Di acara tersebut, selain menampilkan berbagai macam karya seni rupa, mulai dari seni lukis, seni patung grafis, pembukuan hingga barang antik, Gelaran Desember KITARUPA 2020 juga menghadirkan orasi budaya.

“Seperti hari ini, orasi budaya bertajuk kemanusiaan untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang dihadiri langsung oleh Camellia Lubis dan Taufik Rahzen,” ungkapnya.

Ada juga pemutaran film, lelang hingga pemberiaan penghargaan kepada tokoh bangsa. Satu di antaranya kepada Mantan Gubernur DKi Jakarta, Sutiyoso atau akrab disapa Bang Yos.

“Pada hari ini kita pun menghadirkan tokoh bangsa yaitu Bang Yos dan beliau mendapatkan penghargaan oleh KITA, yakni Kosala Jayakarta. Kenapa? karena beliau memang menjadi pemimpin di masa transisi, ada 5 presiden ketika beliau menjadi gubernur dan kebijakan-kebijakannya yang betul-betul terasa manfaatnya, seperti soal peninjauan dan penataan Monas,” jelas Maman.

Atas penghargaan ini, Bang Yos pun mengapresiasinya dan mengaku salut pada semangat para seniman.

“Saya memberikan apresiasi bahwa para seniman masih menginspirasi dan semangat tidak loyo gitu ya. Tetapi saya tetap menjaga protokol kesehatan itu yang paling penting. Sebab mereka hidup dari seperti ini,” ujar Bang Yos.

Jadi orang-orang yang merasa mempunyai kepedulian dan kemampuannya dengan cara membeli hasil karyanya saja. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan,” tandas Bang Yos.

Untuk diketahui, rencananya Gelaran Desember KITARUPA 2020 ini akan berlangsung hingga Kamis (31/12) mendatang. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.