Jumat, 24 Januari 20

Gelar Soeharto Pahlawan Nasional Tidak Sesuai Tap MPR

Gelar Soeharto Pahlawan Nasional Tidak Sesuai Tap MPR
* Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Jakarta, Obsessionnews – Wacana pemberian gelar pada Presiden ke-2 RI Soeharto kembali bergulir. Banyak pihak yang menilai Soeharto sebagai Bapak Pembangunan layak dijadikan pahlawan, tapi banyak juga yang menolak.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, gelar pahlawan nasional bisa saja diberikan kepada Soeharto. Namun, ia kembali mengingatkan bahwa ada aturan yang menghalangi dia yakni Tap MPR Nomor XI/MPR/1998.

Tap MPR ini mengatur tentang penyelenggara negara yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan setiap pejabat yang diduga kuat melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme harus ditindak tegas.

Tidak hanya pejabat, termasuk mantan pejabat keluarga, dan kroninya maupun pihak swasta/konglemerat dan juga mantan presiden seperti Soeharto. Semua harus diusut, sebelum gelar itu layak diberikan.

“Diberesi dulu, ada Tap MPR dan lainnya,” kata Zul di Jakarta, Selasa (24/5/2016)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini tetap mengedepankan praduga tidak bersalah. Namun, dugaan kuat kejahatan korupsi yang dilakukan Soeharto harus tetap diungkap.

Wacana pemberian gelar pahlawanan nasional kepada Soeharto kembali menyeruak pada gelaran Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar. Usulan itu dilontarkan Aburizal Bakrie saat memberikan pidato terakhirnya sebagai Ketua Umum. (Albar, @aal_albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.