Selasa, 29 November 22

Gedung Pemerintahan di Bandung Harus Berfungsi Jadi Rumah Warga

Gedung Pemerintahan di Bandung Harus Berfungsi Jadi Rumah Warga

Bandung, Obsessionnews – Kantor pemerintahan di Kota Bandung harus menjadi rumah bagi rakyat, fasilitas pendukung yang tersedia pun harus bisa dimanfaatkan oleh warga. Hal tersebut dikatakan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat meresmikan Rumah Kreatif dan Kantor Kecamatan Arcamanik  di Jalan Cisaranten Kulon Kota Bandung Rabu (19/8).

“Kami sedang membawa perubahan paradigma bahwa yang namanya kantor pemerintahan harus menjadi rumah rakyat, bahkan disini rumah dinas Kecamatan yang tidak dipakai dikonversi menjadi rumah kreatif.” ungkap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil--2

Kang Emil juga mengatakan semakin banyak tempat berinteraksi untuk warga, maka kreatifitas anak Bandung akan jauh lebih kuat. “Biasanya anak-anak kreatif hanya butuh tempat saja,” ucapnya.

Kecamatan Arcamanik memberi contoh kepada kecamatan lain bahwa kecamatan ini paling lengkap se-Kota Bandung, terdapat ruang ruang yang komplit, lahan parkir luas dan salahsatunya rumah kreatif yang dapat dimanfaatkan warga untuk berkreasi, berkesenian dan berbudaya.

Emil--3

“Himbauan saya karena lahan parkirnya luas silahkan pakai buat warga miskin yang mungkin tidak memiliki tempat buat pernikahan, khitanan atau acara lain,” tandas Emil.

Emil mengaku dirinya dapat menghadirkan pemerintah yang  dekat dengan warga, begitupun seorang pemimpin harus dapat  memperbanyak kegiatannya dengan warga masyarakat.

Emil--4

Kecamatan Arcamanik sudah dilengkapi dengan Command Center dan layar sentuh untuk informasi pelayanan terhadap warga masyarakat, begitupun seluruh kecamatan di Kota Bandung harus memiliki Command Center.

Hal tersebut menurut Emil, sebagai  bagian dari konsep disentralisasi. “Fungsi para Camat dapat mengambil keputusan secara cepat, gesit tanpa harus menunggu komplen dari warga.

Emil--5

Di Command Center Kecamatan, seorang Camat dapat memonitor penyerapan anggaran dan update status proyek garapan. Pemerintah Kota saat ini tengah melatih pegawai di seluruh Kecamatan di kota Bandung untuk proaktif dengan konsep Smart City..

“Saya kira dengan melatih Camatnya gesit melek teknologi diharapkan pelayanan kepada warga akan jadi lebih cepat seperti harapan warga.” Kata Emil. (Dudy Supriyadi)

Emil--6

 

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.