Jumat, 1 Maret 24

Breaking News
  • No items

Gayus Tidak Plesiran, Tapi Urus Sidang Cerai

Gayus Tidak Plesiran,  Tapi Urus Sidang Cerai

Jakarta, Obsessionnews Pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membantah, terpidana kasus pajak, Gayus Tambunan plesiran di Jakarta, dan makan-makan bersama teman-temannya di sebuah restoran di pusat perbelanjaan. Gayus mendapat izin untuk menghadiri sidang perceraian dengan istrinya.

“Pada tanggal 9 September kemarin, Gayus diberikan izin keluar panggilan gugatan perceraian dari istrinya di Pengadilan Negeri Agama Jakarta Utara,” kata Kepala Perwakilan Kemenkumham, Jawa Barat I Wayan Sukerta kepada awak media di Bandung. (Baca juga: Gayus (Kembali) Keluyuran, Bakal Diisolasi!)

epa03128130 A former tax official Gayus Tambunan walks to the seat of the defendant during his trial in Jakarta, Indonesia, 01 March 2012. The Jakarta Anti-Corruption Court  sentenced notorious former tax official Gayus Tambunan to six years in prison, adding to the 20-year prison term he is already serving after convictions in three previous corruption trials. The former low-ranking tax officer amassed about Rp 100 billion (11 million USD) in bribes from companies seeking to evade their full tax obligations.  EPA/BAGUS INDAHONO
Gayus Tambunan, saat disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta. Foto: EPA/BAGUS INDAHONO

Namun ia menolak untuk mengatakan bahwa foto yang beredar di media sosial adalah hasil jepretan pada 9 September.

Menurut Wayan, seorang narapidana diizinkan keluar lapas dengan sejumlah alasan seperti keluarga sakit keras, anggota keluarga yang meninggal, menjadi wali nikah, dan untuk kepentingan hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, foto Gayus Tambunan plesiran di sebuah restoran di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta membawa smartphone dan bersama dua orang tak dikenal menjadi buah bibir di media sosial.

Padahal Gayus napi penghuni Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, dengan masa tahanan 30 tahun penjara. Foto tersebut muncul pertama kali di sebuah blog di Kompasiana milik Pakde Kartono.

Sementara itu Kepala Divisi Lapas Sukamiskin Agus Toyib mengatakan akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Tim dari Dirjen Lapas, Kemenhukham, hari ini, Selasa, 22 September 2015, akan ikut memeriksa petugas Lapas dan polisi yang bertugas pada tanggal 9 September, saat Gayus meninggalkan Lapas Sukamiskin.

“Akan dicek tanggal sesuai isu (9 Mei), terus tanggal berapa dia keluar sesuai izin (9 September),” kata Agus.

Ia menegaskan bahwa selama dia menjabat tidak ada tahanan yang mendapat perlakuan khusus atau di luar prosedur.

Agus juga mengatakan bahwa ia akan langsung bertanya kepada Gayus terkait kasus ini.

“Foto akan diperlihatkan ke Gayus, perempuan itu siapa. Semua kita pertanyakan, tidak ada judul rumah makannya kan? Apa di Jakarta atau di Bandung. Resto mana yang punya gambar seperti itu,” kata Agus.

Gayus digugat cerai istrinya Milana Anggraini dan sudah menjalani sidang sebanyak 3 kali.

Sidang pertama berlangsung pada 1 Juli 2015. Sidang kedua pada 5 Agustus dan terakhir pada 9 September.

Gayus sebelumnya terjerat kasus pajak yang membuatnya harus mendekam di penjara selama puluhan tahun.

Ia juga pernah terlihat menonton pertandingan tenis di Bali pada November 2010 lalu. Saat itu Gayus mencoba menyamar dengan menggunakan rambut palsu.

Melihat reputasi Gayus yang pernah tertangkap kamera saat keluar penjara, Wayan berjanji bahwa Gayus tidak akan dapat melakukan hal itu lagi.

“Gayus ada. Anda harus percaya, sekarang ini Gayus ada di Sukamiskin. Saya jamin sejuta persen,” kata Wayan. (Dudi Supriyadi/rez)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.