Senin, 17 Januari 22

Garda Sabet Juara Kompetisi TikTok Literasi Halal Nasional

Garda Sabet Juara Kompetisi TikTok Literasi Halal Nasional
* Garda Ali Rayhaan, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana, Bali. (Foto: Kemenag.go.id)

Jembrana, obsessionnews.com
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana, Bali, menyabet prestasi  tingkat nasional. Adalah Garda Ali Rayhaan, siswa yang mengharumkan MAN 1 Jembrana dengan menjuarai Lomba TikTok Literasi Halal Indonesia.

Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) UIN Raden Mas Said Surakarta. Pemenang lomba diumumkan secara online pada Rabu (24/11/2021).

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Sabtu (27/11), disebutkan ajang ini bertujuan untuk menyemarakkan literasi halal dan menumbuhkan kesadaran halal bagi masyarakat Indonesia melalui remaja milenial. Tema lomba tersebut merujuk pada buku saku halal yang diterbitkan oleh BPJH Kemenag RI dan PPM-PIN.

Garda mengatakan, keikutsertaannya dalam Lomba TikTok Literasi Halal ini memiliki misi untuk menggelorakan pentingnya produk halal bagi masyarakat. Dia juga menerangkan bahwa peran remaja sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang produk halal dengan cara milenial menggunakan platform aplikasi TikTok, mengingat saat ini pengguna smartphone mayoritas remaja.

“Produk halal sangat penting bagi masyarakat. Saat ini pengguna smartphone didominasi oleh kalangan remaja, sehingga lomba ini sangat sesuai untuk mengedukasi masyarakat khususnya remaja tentang pentingnya produk halal. Cara penyampaian pesan yang kekinian, diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk mencari tahu tentang pentingnya produk halal,” ujar Garda saat dikonfirmasi di MAN 1 Jembrana, Kamis (25/11/2021).

“Melalui literasi diharapkan akan tumbuh kesadaran bersama untuk menjadikan halal bukan sekadar berorientasi pemenuhan ekonomi, tetapi juga menyiapkan masa depan diri dan bangsa menjadi lebih baik,” sambungnya.

Diah Rif’atul Husna selaku pembina mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Diah juga mengungkapkan apresiasinya kepada Garda karena telah berinisiatif mengikuti kompetisi dengan misi khusus menggaungkan pentingnya halal passion bagi masyarakat. Dia  berharap prestasi yang diraih ini menjadi langkah nyata peran remaja untuk turut serta mem-boomingkan halal kepada masyarakat.

Terpisah Kepala MAN 1 Jembrana Agus Subagya mengucapkan selamat kepada siswa dan pembina karena berhasil meraih prestasi nasional. Agus juga menyampaikan, kreativitas siswa dan pembina untuk mengharumkan nama MAN 1 Jembrana di tingkat nasional juga patut di apresiasi.

Agus berharap halal ke depan tidak hanya sebagai kebutuhan, tetapi juga mampu menjadi passion dalam kehidupan sehari-hari.  (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.