Rabu, 20 Oktober 21

Garda Bangsa Desak Perda Kantong Plastik

Garda Bangsa Desak Perda Kantong Plastik
* Garda Hijau bersama aktivis lingkungan se Jatim

Surabaya, Obsessionnews – Dewan Koordinasi Daerah (DKW) Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa Jawa Timur mendesak adanya Peraturan Daerah terkait pembatasan penggunaan kantong plastik. Mengingat, progres percontohan yang saat hanya dilakukan pemerintah di sejumlah daerah kurang optimal.

Ketua DKW Garda Bangsa Jatim, Kabil Mubarrok mengatakan, Perda sangat dibutuhkan untuk bisa dilaksanakan di seluruh Jatim. Terlebih data penggunaan kantong plastik setiap harinya mengalami peningkatan signifikan. Tercatat, di Kota Surabaya saja, penggunaan kantong plastik bisa mencapai 2 milyar lebih. Sedangkan data dari LSM Nol Sampah menyebut, dari 1000 ton sampah, sebanyak 400 ton sampah dari kantong plastik.

 Penandatangan Petisi Perubahan Iklim tahun 2016
Penandatangan Petisi Perubahan Iklim tahun 2016

“Diperlukan regulasi (pembatasan kantong plastik) di Jatim. Untuk itu Perda dibutuhkan. Garda Bangsa Jatim mendorong Pemprop untuk realisasikan itu,” ungkapnya usai menjadi pembicara Seminar Climte Day 2016 di Kampus Unair Surabaya.

Sementara, Wawan Some, Koordinato LSM Nol Sampah menjelaskan, peran Pemerintah Daerah untuk memuluskan program Diet Sampah sangat diharapkan. Di Surabaya, penggunaan kantong plastik mengalami penurunan. Meski, banyak temuan, jika konsumen masih menggunakan kantong plastik setiap kali ke toko modern.

“Masih ada (Kantong Plastik), aturan diberlakukan di seluruh kota dan kabupaten akan menjadi kekuatan yang luar biasa,” ungkapnya. (Rud)

Penandatangan Petisi Perubahan Iklim tahun 2016
Penandatangan Petisi Perubahan Iklim tahun 2016

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.