Sabtu, 25 September 21

Ganjar Minta Aktivitas Bongkar Muat Tanjung Emas Dibuka

Ganjar Minta Aktivitas Bongkar Muat Tanjung Emas Dibuka

Semarang, Obsessionnews – Polemik dihentikannya aktivitas bongkar muat Pelabuhan Tanjung Emas menuai sorotan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Politisi PDI-P itu meminta agar persoalan perizinan keinginan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang diurus setelah pelabuhan dibuka.

“Yang penting saya suruh buka dulu, kemudian dia saya minta melaporkan pada saya resmi apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga dasar itu nanti yang kita pakai untuk mengambil keputusan,” kata Ganjar, Senin (23/11/2015).

Pihaknya mengaku telah mendengar informasi penghentian aktivitas bongkar muat sebelumnya. Jajaran pemerintah pun sidah diterjunkan untuk mengecek persoalan tersebut. Selanjutnya, dia meminta kepada General Manager Pelindo III untuk membuat laporan resmi, agar pemerintah provinsi dapat mengetahui permasalahan secara rinci.

“Makanya saya minta laporannya dulu, yang dibutuhkan izin opo to sakjane, apa to masalahnya?” ungkap Ganjar.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa persoalan izin tersebut membuat distribusi ekspor impor terkendala. Terlebih kondisi ekonomi sedang tidak baik sehingga diharapkan stakeholder terkait dapat mempermudah masalah itu.

“Bukan kita buka agar mereka melanggar hukum, itu tidak. Tapi mesti tidak boleh terlalu ketat. Apalagi kalau sampai menghambat industri,” tambah dia.

Terkait permintaan KSOP tentang pembuatan Surat Ijin Usaha Perusahaan Bongkar Muat untuk membentuk Badan Usaha yang khusus menangani kegiatan bongkar muat oleh Pelindo III, Ganjar belum yakin sepenuhnya seluruh masalah dapat terselesaikan dengan baik.

“Jangan-jangan di bawah lain-lain, nanti masalah. Apakah persoalannya kelembagaannya, atau prosedurnya atau yang lain, saya akan membaca dulu inti masalahnya. Itu nanti yang akan kita pecahkan. Sebab itu bukan kendali saya,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.