Selasa, 28 September 21

Ganjar Main Ketoprak Humor, Penonton Ngakak

Ganjar Main Ketoprak Humor, Penonton Ngakak

Gelak tawa penonton pecah saat mas Karebet alias Jaka Tingkir malah disendiko dawuh (Dihormati) Raja Demak. Padahal, mustinya Jaka Tingkirlah yang sungkem kepada sang Raja sebagaimana jalan cerita. Tentu saja sang Raja rikuh untuk diberi penghormatan, lantaran Jaka Tingkir kali ini diperankan sendiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang, Obsessionnews – Suasana meriah penuh canda tawa kental terasa dalam ketoprak humor memperingati hari ulang tahun Korpri yang jatuh beberapa waktu lalu. Ganjar memang berakting lakon Jaka Tingkir dan membuktikan kualitasnya, tak hanya sebagai pemimpin, namun juga aktor yang cukup menghibur penonton.

Pagelaran kethoprak berjudul “Joko Tingkir Ngleboni Sayembara” didapuk dalam Ulang Tahun ke-44 Korpri yang dirayakan dengan spesial di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Kota Semarang, Senin (30/11/2015) malam. Selama tiga jam lebih, para pejabat teras Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil menyedot perhatian ratusan pengunjung yang terdiri dari anggota Korpri Pemprov Jateng, pegiat kesenian, dan masyarakat umum.

Ganjar didaulat menjadi tokoh utama sebagai Mas Karebet‎. Ia adalah putra Ki Ageng Pengging yang dihukum mati karena dianggap memberontak Kesultanan Demak. Berkat kesaktian ilmunya hasil berguru Sunan Kalijaga dan Ki Ageng Sela, Karebet kembali diterima Demak. Sultan Trenggana yang dimainkan Sekda Pemprov Jateng, Sri Puryono mengangkat Karebet menjadi Lurah Gamtam.

ganjar pentas4

Cerita Joko Tingkir berawal dari sayembara pemilihan prajurit. Mulanya, Karebet yang dipilih sebagai juri geram dengan tingkah peserta bernama Dadung Awuk yang sombong. Ia pun turun ke pertandingan dan ikut unjuk kebolehan. Tak disangka, Dadung Awuk tewas sehingga Karebet harus dihukum oleh sang Sultan.

Usai mendapat pengampunan, Karebet kembali membuat marah Trenggana  ia diusir ke Banyubiru karena ditusuh menggoda putri kerajaan. Berbekal ilmu dari Ki Ageng Banyubiru, Karebet berangkat kembali ke Demak.

Sepanjang perjalanan, dia berhasil mengalahkan kawanan buaya dan mengatasi kerbau ngamuk di kota. Di akhir cerita, Sultan pun akhirnya menerimanya kembali. Joko Tingkir diberi jabatan Bupati Pajang bergelar Adipati Hadiwijaya.‎

ganjar pentas6

Meski hanya berlatih tiga hari, Gubernur dan para pejabat berhasil menampilkan akting yang menghibur. Mereka bahkan tak tampil kikuk serta terlihat santai memerankan adegan demi adegan. Tidak jarang Ganjar berimprovisasi dengan celetuk yang membuat penonton gergeran.

“Iki arah nyang Demak liwat ndi? Daripada mumet piye nek kon ngawal mobil patroli polisi wae,” katanya diatas panggung.

Tawa penonton juga berderai saat Ganjar meledek lawan mainnya yang lupa dialog. “Ngono kui nek dijak latihan ki angel, lali kabeh,” ledeknya disambut tawa penonton.‎

Kekurangan olah teknik mereka dapat ditutup dengan permainan aktor kethoprak asli. Memang, beberapa lelakon seniman turut memeriahkan acara seperti bintang tamu yang diundang khusus, Yati Pesek.

ganjar pentas1

Ditemui usai pertunjukan, Ganjar mengaku senang bisa kembali bermain ketoprak. Baginya, pertunjukan ketiga kalinya ini tidak secanggung dulu saat awal bermain

“Skenarionya cukup panjang. Kali ini lebih rileks, tidak degdegan seperti dulu. Tapi tetap saja sulit, semakin salut dengan seniman,” ujarnya.

Cerita Joko Tingkir, menurut Ganjar, luar biasa. Dari orang biasa akhirnya menjadi raja. Dia berharap, dengan semakin banyaknya pertunjukan, mampu memberi pendidikan nilai yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

“Sehingga tidak kepada publik tidak hanya tampilan saja. Tapi ada nilai yang ada. Jadi orang bisa meniru nilai tersebut. Tapi tetap bayar lho ya kalau mau nonton pertunjukan lain,” guraunya.

Ia mengaku puas dengan kondisi TBRS saat ini. Walaupun masih banyak sudut yang musti dibersihkan. Pihaknya akan membantu keberlangsungan TBRS di masa mendatang.

“Maka saya akan mengajak, akan dicarikan waktu, nanti kita kerja bakti bersama,” pungkasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.