Sabtu, 18 September 21

Ganjar Dorong Kejati Ungkap Aktor Dana Bansos

Ganjar Dorong Kejati Ungkap Aktor Dana Bansos

Semarang, Obsessionnews – Tersangka korupsi dana bansos APBD 2011 dengan inisial AS telah terungkap. Dia adalah Agoes Suntoro alias Agus Kroto, mantan Kepala Biro Keuangan Pemprov Jateng yang menjabat pada tahun 2011. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penyidik untuk mengungkap kasus yang menyedot anggaran Rp 2 miliar lebih ini.

“Kalau soal bansos, saya malah senang kalau semuanya dibuka. Saya harapkan semuanya bisa dituntaskan tidak ada yang ditutup-tutupin,” ucapnya.

Ganjar juga meminta agar pihak Kejati terus mengusut penyelewengan dana, tidak hanya kasus bansos, namun kasus hibah dan bantuan keuangan. Meski begitu, saya ia enggan menjawab kedua kasus itu lantaran bukan wewenangnya melainkan aparat penegak hukum.

Pihaknya setuju terkait penerima bansos yang harus berbadan hukum. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemerintahan, penerima anggaran bansos harus dibawah naungan peraturan pelaksana yakni Peraturan Gubernur.

“Kalau tidak ada peraturan pelaksana yang memberikan dana bansos, ya tidak cair. Kalau kita cairkan berarti saya melanggar UU karena nominalnya besar,” jelasnya politisi PDI-P ini.

Sedangkan mengenai perlindungan hukum bagi AS, Ganjar tetap akan memberikan bantuan hukum melalu biro hukum. Hal ini disebabkan berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi dirinya sebagai Kepala Daerah. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.