Rabu, 21 Oktober 20

Gandeng Vendor, LPDB-KUMKM Segera Garap Fintech

Gandeng Vendor, LPDB-KUMKM Segera Garap Fintech
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram membuka Temu Mitra LPDB-KUMKM di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram berharap agar Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM dan para mitra seluruh Indonesia agar memperhatikan 5 Sukses. Yaitu, sukses dalam penyaluran, sukses pemanfaatan, sukses pengembalian, sukses peningkatan usaha, dan sukses pengembangan usaha.

“Yang lebih penting lagi, lima sukses tadi bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuh Agus saat membuka acara Temu Mitra Nasional Tahun 2017 di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, serta dihadiri Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Yuana Sutyowati, para direksi dan dewan pengawas LPDB-KUMKM. Acara diikuti sekitar 1000 mitra, maupun Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Provinsi di seluruh Indonesia.

Di tangan Direktur Utama yang baru, LPDB-KUMKM mengusung paradigma baru yang dijabarkan dalam kunci sukses, yakni Sukses Penyaluran, Sukses Pemanfaatan, dan Sukses Pengembalian. Sehingga dalam kesempatan Temu Mitra Nasional, dilakukan penandatanganan secara simbolis Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LPDB-KUMKM dengan Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia.

“Kali ini baru 4 (empat) dulu nanti disusul dengan daerah lain. Empat itu antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Bali dan Sumatera Utara,” pungkas Dirut LPDB-KUMKM Braman.

Braman menyadari berbagai kendala dan tantangan yang tengah dihadapi lembaganya dalam menyalurkan dana bergulir kepada koperasi dan UKM yang menjadi mitranya. Karena itu, selain menggagas inovasi Fintech, Braman juga memperbaiki tata kelola, dan teknologi informasi LPDB-KUMKM.

Mulai tahun depan, LPDB-KUMKM akan merancang sebuah sistem keuangan mikro atau microfinance system, yang memiliki kemampuan sebagai Apex. Braman berharap bahwa seluruh mitra LPDB-KUMKM harus menyesuaikan diri dengan transformasi teknologi yang diterapkan dalam menyalurkan dana bergulir.

“Disamping fintech ini nanti akan diwujudkan dalam micro system. Kami akan coba 2018 mikrofinance system,” kata Braman.

Braman Setyo mengungkapkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan salah satu vendor atau pihak ketiga penyedia barang dan jasa untuk membuat Financial Technology (Fintech). Dengan mengembangkan teknologi baru ini diharapkan LPDB-KUMKM akan semakin meningkatkan kinerjanya.

“Untuk efisensi penyaluran kami akan menggunakan fintech, kami sudah kerja sama dengan vendor fintech,” ungkap Braman.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis dana bergulir LPDB-KUMKM dan kredit usaha rakyat (KUR), penyerahan penghargaan terhadap mitra-mitra terbaik LPDB-KUMKM baik mitra penerima dana bergulir maupun mitra bank dalam sesi “LPDB Award Tahun 2017”. Ada pula penyampaian testimoni dari seorang mitra terbaik LPDB-KUMKM.

Adapun maksud diadakannya kegiatan ini yakni memberikan kesempatan kepada mitra untuk saling mengenal dan bersinergi satu sama lain, untuk memicu semangat membangun ekonomi kerakyatan yang saat ini sedang diprioritaskan oleh Presiden Jokowi.

Sosialisasi guna meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan yang murah, efisien dan tepat guna melalui dana bergulir yang dikelola oleh LPDB-KUMKM, melakukan sinergi antara LPDB-KUMKM dengan mitra guna melakukan upaya-upaya preventif untuk memecahkan permasalahan-permasalahan terkait penyaluran dana bergulir yang ada di daerah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.