Rabu, 8 Februari 23

Gandeng BRIN, Sekolah Rekreasi Achmad Fajar Adakan Pelatihan Pengolahan Limbah

Gandeng BRIN, Sekolah Rekreasi Achmad Fajar Adakan Pelatihan Pengolahan Limbah
* Pelatihan pembuatan pakan hijau dan pengolahan limbah oleh BRIN dan Sekolah Rekreasi

Obsessionnews.com – Sekolah Remaja Kreasi dan Inovasi (Rekreasi) mengandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan pelatihan pakan hijau dan pengelolaan limbah di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, pada 27-28 November 2022.

Founder Sekolah Rekreasi Achmad Fajar Ridwan Hisjam menyatakan, pihaknya sengaja mengadakan kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pengatahuan dan pemahaman kepada para pemuda di Kabupaten Malang dalam berinovasi dalam membuat pakan hijau, dan pengelolaan limbah.

“Di sini kita mendatangkan para ahli dari BRIN untuk memberikan pemahaman dan pengatahuan tentang bagaimana cara membuat pakan hijau untuk peternakan, dan pengelolaan limbahnya,” ujar Fajar.

Kegiatan tersebut terbilang sukses karena dihadiri ratusan peserta dari anak-anak muda yang menekuni dunia peternakan sapi dan kambing. Mereka cukup memahami apa yang disampaikan para pemateri dalam pengelolaan limbah dan pakan hijau.

“Mereka ini kan kebanyakan peternak ya jadi pengelolaan limbah menjadi penting, agar bagaimana kotoran yang dihasil dari hewan ternak bisa dimanfaatkan menjadi pupuk, nah di sini kita shering berdiskusi bagaimana mengelola limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” terangnya.

Bukan hanya itu, Fajar menyatakan, pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi yang baik dan berkualitas juga menjadi sangat penting dipelajari oleh para peserta.

“Mungkin sebagian dari mereka sudah ada yang bisa mengolah pakan fermentasi, namun kita ingin tahu bagaimana membuat pakan hijau yang berkualitas dengan nilai nutrisi yang tinggi. Nah itu disampaikan oleh BRIN,” tuturnya.

Fajar menyatakan, pihaknya akan terus mengajak pihak-pihak terkait untuk memberikan pelatihan di masyarakat agar ada inovasi-inovasi baru yang muncul. Sebab, saat ini seiring kemajuan zaman, masyarakat harus cepat melakukan inovasi di semua bidang.

“Dengan pelatihan ini, harapannya dunia peternakan di Kabupaten Malang bisa semakin maju, anak mudanya bisa semakin kreatif, dan tidak malu terjun dalam dunia peternakan dan pertanian,” terang Fajar, putra dari Anggota Komisi VII DPR Ridwan Hisjam. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.