Kamis, 13 Agustus 20

Fritz Haber dan Carl Bosch Penemu Amoniak

Fritz Haber dan Carl Bosch Penemu Amoniak
* Fritz Haber dan Carl Bosch, dua orang ahli kimia dari Jerman, kemudian menemukan cara untuk membuat amoniak tanpa menggunakan guano. (Foto: FB PT Pupuk Indonesia)

Jakarta, Obsessionnews.com – Salah satu bahan dasar pupuk urea adalah amoniak. Dahulu amoniak tidak bisa diperoleh dengan mudah di alam.

 

Baca juga: 

Kerja Keras Berbuah Manis, Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan PRIA 2020

Resahkan Petani, Kementan Bantah Pengurangan Pupuk Bersubsidi

Strategi Moncer Pupuk Indonesia Cetak SDM Unggul

 

Dikutip obsessionnews.com dari Facebook PT Pupuk Indonesia, di abad ke-18 hingga abad ke-19 amoniak biasa diproduksi dari kotoran kelelawar yang biasa disebut dengan guano. Hal ini karena guano mengandung unsur nitrogen yang sangat tinggi. Guano pun kemudian menjadi salah satu komoditi yang penting di dunia kala itu.

Fritz Haber dan Carl Bosch, dua orang ahli kimia dari Jerman, kemudian menemukan cara untuk membuat amoniak tanpa menggunakan guano. Amoniak tersebut diperoleh dengan mengambil nitrogen hanya dari udara. Cara ini disebut fiksasi nitrogen secara artifisial. Kemudian penemuan Haber-Bosch ini menjadi prosedur standar yang digunakan oleh pabrik-pabrik pupuk di seluruh dunia untuk memproduksi amoniak hingga saat ini.

Berkat Haber-Bosch amoniak dapat diproduksi secara massal, sehingga para petani di seluruh dunia bisa memperoleh pupuk Urea untuk kesuburan tanaman mereka. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.