Jumat, 3 Februari 23

Fraksi PKS DPR Dorong Baznas Bantu Penderita Katarak

Fraksi PKS DPR Dorong Baznas Bantu Penderita Katarak
* Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Iskan Qolba Lubis. (Foto: Humas Fraksi PKS DPR RI)

Obsessionnews.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI mendorong Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk dapat membuat program yang dapat bermanfaat bagi para fakir miskin, khususnya bagi orang-orang yang mempunyai masalah katarak.

Hal itu dikemukakan anggota Fraksi PKS DPR Iskan Qolba Lubis dalam rapat Komisi VIII bersama Baznas di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Baca juga:

Tujuh Anggota Fraksi PKS DPRD Riau Bantu Korban Gempa Cianjur

Ketua Majelis Syura PKS Tegaskan Pemerintah Wajib Dukung UMKM

Orang Tua Harus Waspada, Anak Kecil dan Bayi Juga Bisa Kena Katarak

Wujud Nyata BCA Berantas Katarak

 

 

“Saya ingin ada program dari Baznas ini yang orang katakan programnya wah dan efeknya besar. Kalau sembako kan biasa, semua orang bikin sembako. Saya ada program di dapil saya itu orang yang kena penyakit katarak. Kalo di daerah saya itu, Mandailing Natal, banyak orang yang sudah kena tuh. Padahal kalo udah operasi matanya langsung terang itu dan langsung bisa baca Alquran,” ujar Iskan.

Dikutip dari keterangan tertulis Humas Fraksi PKS DPR, Rabu (30/11/2022), dalam kesempatan itu Iskan mengemukakan, Baznas dapat membuat program yang unik dan masuk ke sisi yang lain. Banyak sekali bantuan untuk para fakir miskin berupa sembako dan keperluan sehari-hari yang lain. Padahal kalua ditinjau lebih jauh banyak sekali para masyarakat membutuhkan bukan hanya sembako. Namun, bantuan kesehatan dalam menunjang aktivitas yang lain. Seperti memperhatikan masalah kesehatan mata bagi para petani yang penglihatannya terganggu.

“Masyarakat kita kalo ke sawah bukan seperti orang Vietnam. Orang Vietnam itu kalo ke sawah pake topi yang lebar, setengah meter, jadi dia ga kena cahaya matahari (matanya). Rata–rata orang kita kalo dia ke sawah hanya diletakkan kain di atas kepalanya. Memang gak panas kepalanya, tapi matanya rusak karena sinar matahari. Dan masyarakat itu banyak sekali yang kena katarak itu. Saya mengusulkan ini menjadi program yang unik di Baznas,” ucap Iskan.

Menurutnya, banyaknya masyarakat kita yang menjadi petani dan rata-rata tidak memakai topi seperti yang dipakai orang Vietnam, yang lebar dan menutupi sinaran langsung matahari, membuat mereka mengalami katarak. HaI ini harus mendapat perhatian khusus.

“Karena para petani ini rata-rata tergolong miskin, sehingga sudah sangat sesuai dengan kriteria orang–orang yang berhak menjadi penerima zakat atau biasa disebut dengan nama mustahik,” ucap Iskan. (red/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.