Minggu, 29 Mei 22

Founder Sekolah Rekreasi Sebut Airlangga Menginspirasi Tumbuhnya Ekonomi Kreatif

Founder Sekolah Rekreasi Sebut Airlangga Menginspirasi Tumbuhnya Ekonomi Kreatif
* Achmad Fajar Ridwan Hisjam, Founder Sekolah Rekreasi (Remaja Kreasi dan Inovasi) dalam dialog publik yang digelar oleh Gerakan BerkAH (Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto di Kota Malang, Rabu (19/1/2022).

Malang, Obsessionnews.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dinilai telah mampu memberikan stimulus atas tumbuhnya ekosistem ekonomi kreatif. Bahkan, Ketua Umum Partai Golkar tersebut dianggap mampu menginspirasi tumbuhnya komunitas ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan oleh Achmad Fajar Ridwan Hisjam, Founder Sekolah Rekreasi (Remaja Kreasi dan Inovasi) dalam dialog publik yang digelar oleh Gerakan BerkAH (Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto di Kota Malang, Rabu (19/1/2022).

“Saat Bapak Airlangga Hartarto menjadi Menteri Perindustrian, tanggal 4 April 2016, beliau menyampaikan Revolusi Industri 4.0, itu yang menginspirasi kami untuk membuat Sekolah Rekreasi,” kata Fajar.

Fajar menambahkan, ekonomi kreatif merupakan peluang besar dan tantangan bagi anak muda ke depan. Fajar mencontohkan, di tahun 2021 saja, dunia esport telah mencatatkan pendapatan mencapai Rp30 triliun. Hal ini merupakan potensi yang besar.

“Itu dari esport saja, sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif. Esport telah menyerap banyak tenaga kerja, dan gamers sudah menjadi profesi tersendiri. Oleh sebab itu, kami di sekolah kreatif membuat sejumlah program untuk menyokong tumbuhnya ekonomi kreatif, terutama di Kota Malang. Salah satunya melalui pelatihan esport, untuk mewadahi anak-anak muda yang senang dengan game, bisa berdaya juga secara ekonomi” imbuhnya.

Ke depan, tambah Fajar, dibutuhkan sinergitas antara komunitas kreatif, terutama di Kota Malang dengan program-program dari pemerintah. Salah satu program pemerintah yang bisa dimanfaatkan dari Kemenko Perekonian adalah Kartu Prakerja, dan program KUR untuk UMKM.

“Sehingga, pelaku umkm, anak-anak muda kreatif yang tengah mengembangkan bisnis kreatifnya bisa semakin berkembang dengan memanfaatkan permodalan dari program KUR, dan pengembangan skill melalui Prakerja,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar Suryadi menyebut Kota Malang merupakan kota kedua di Indonesia yang ditetapkan sebagai Kota Ekonomi Kreatif, setelah Kota Bandung. Untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang, perlu kolaborasi dan sinergi dengan Pemerintah Kota, Provinsi sampai Pusat.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 kemarin, dilihat dari sisi positifnya, ekonomi kreatif mengalami precepatan pertumbuhan, karena pembatasan aktifitas. Sehingga, penggunaan aplikasi dan internet mengalami perkembangan pesat,” tuturnya.

“Dan menurut saya, Bapak Airlangga Hartarto, sebagai Menko Perekonomian, berhasil melaksanakan tugas dari Presiden Jokowi, membawa Indonesia dari jurang resesi ekonomi di masa pandemi, dan menuju pemulihan ekonomi,” tambah Suryadi yang juga Ketua Karang Taruna Kota Malang ini dalam diskusi yang digelar Gerakan BerkAH.

Perlu diketahui, Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH) merupakan komunitas anak muda untuk menyosialisasikan sosok Airlangga Hartarto ke masyarakat.

Sebelum di Kota Malang, Gerakan BerkAH telah menyerap aspirasi dan masukan di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan di Jawa Timur Gerakan BerkAH menggelar dialog di Kota Madiun dan Kota Surabaya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.