Kamis, 16 September 21

Fit And Proper Test Sutiyoso Tertutup

Fit And Proper Test Sutiyoso Tertutup

Jakarta, Obsessionnews – Pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso yang berlangsung di Komisi I DPR RI dilakukan secara tertutup. Keputusan ini diambil berdasarkan keinginan dari Sutiyoso.

Sebelumn rapat dimulai Ketua Komisi I, Mahfudz Siddiq ‎menanyakan kepada Sutiyoso tentang kesiapan dirinya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Ia juga menanyakan, apakah ujian ini mau dilakukan secara tertutup atau terbuka.

Mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu lalu, meminta agar rapat berlangsung secara tertutup. Ia hanya bersedia rapat terbuka hanya khusus menyampaikan visi menjadi Kepala BIN.

“Untuk pemasaran misi dan program, kami mohon untuk berlangsung secara tertutup,” ujar Bang Yos sapaan akrab Sutiyoso.

Permintaan yang sama juga disampaikan oleh anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) TB Hasanuddin. Ia meminta agar rapat tertutup. Sebab, yang akan disampaikan oleh Sutiyoso berkaitan dengan isu intelijen yang bersifat rahasia.

Dengan begitu, Mahfudz akhirnya memutuskan rapat berlangsung tertutup. ‎Saat menyampaikan visinya, Bang Yos lebih banyak bercerita tentang persoalan terorisme, separatisme, dan gerakan radikal yang bisa mengancam ideologi Pancasila.

Di luar itu, mantan Kepala Pangdam Jaya ini juga berjanji, akan meningkatkan kinerja BIN, dengan memperbaharui alat-alat intelijen. Menurut Bang Yos alat intelijen yang dimiliki Indonesia saat ini sudah sangat ketinggalan dengan negara-negara lain. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.