Minggu, 25 September 22

Fit And Proper Test Capim KPK Ditunda Setelah Reses

Fit And Proper Test Capim KPK Ditunda Setelah Reses
* Risa Mariska

Jakarta, Obsessionnews – Komisi III DPR RI belum bisa memastikan kapan fit and proper test ‎calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaksanakan. Sebab, sampai saat ini belum ada Intruksi dari Pimpinan DPR agar Capim KPK segera dibahas di Badan Musyawarah.

Untuk itu dipastikan, ‎fit and proper test Capim KPK tidak bisa dilakukan pada masa sidang ini. Sebab, tidak lama lagi anggota DPR akan reses. Anggota Komisi III DPR, Risa Mariska ‎mengatakan, kemungkinan besar seleski pimpinan KPK akan diadakan pada November 2015.

“Tidak masa sidang sekarang, tapi masa sidang mendatang. Satu kali masa sidang bisa, akhir november tanggal 23. Masa akhir jabatan pimpinan KPK saat ini baru habis desember juga, jadi tidak masalah ditunda,” di Gedung DPR, Jumat (16/10/2015).

Risa menampik, ‎fit and proper test Capim KPK seolah tidak terlalu dipentingkan, karena tidak didahulukan. Ia beralasan banyak tugas Anggota Komisi III DPR terlibat di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya seperti Pansus Pelindo II dan lainnya menjadi penyebab ujian bagi Capim KPK ditunda.

“Tidak seperti kemarin, fit and proper test calon komisioner KY sepi yang datang, karena ada agenda lain seperti Pansus Pelindo II, Badan Legislasi (Baleg) sedang susun program Prolegnas prioritas 2016,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berpandangan, seluruh anggota Komisi III dalam fit and proper test Capim KPK harus fokus, tidak boleh terganggu dengan agenda lain. Sebab, hal ini menentukan masa depan KPK untuk 5 tahun mendatang.‎ “‎‎Yang kita jagain ini KPK, maka harus di isi orang-orang yang benar. Kita tidak ingin ada KPK dilemahkan di jilid-jilid berikutnya,” katanya.

Setidaknya ada 10 Capim KPK yang akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Nantinya, DPR akan memilih lima orang sebagai Pimpinan KPK. Untuk Mengantikan lima pimpinan KPK yang masa tugasnya akan habis pada Desember 2015. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.