Minggu, 19 September 21

Film Terbaik Spanyol ‘Escapes’ dan ‘The Golds’ Menginspirasi

Film Terbaik Spanyol ‘Escapes’ dan ‘The Golds’ Menginspirasi

Jakarta, Obsessionnews – Pemenang Film Terbaik International Performing Arts and Movie Awards (IPAMA) 2015 kategori umum memilih film asal Spanyol karya sutradara Mercedes Gaspar berjudul Escapes (Huidas) dan The Golds besutan sutradara Sue Healey dari Australia dalam kategori Performing Arts pada 16 November 2015.

Escapes terpilih karena film ini memiliki cerita unik dan sinematografi yang nyaris sempurna, yang menceritakan kisah seorang wanita muda berparas menarik bernama China yang menerima kabar buruk tentang kematian ayahnya di tengah-tengah kesuksesan karir.

Lalu, berita itu sangat memukulnya. Ia terpuruk dan berusaha melarikan diri dari kehidupan nyata. Kehancuran, yang kemudian malah mengikutinya dalam pelarian membuatnya kemudian sadar, bahwa melarikan diri bukanlah jawaban dari pergulatan batinnya.

Sementara Film The Golds yang menjadi pemenang dalam kategori Performing Arts, membuktikan sekaligus memberi inspirasi bahwa usia lanjut bukan halangan untuk terus menari, berkarya, dan menjadi pelaku seni. Keindahan performa ini dibawakan oleh kelompok penari usia lanjut dari Canberra, Australia yang bernama The Gold (singkatan dari Growing Old Disgracefully).

Dimana, bergabung dengan kelompok The Gold, seseorang tidak harus menjadi seorang penari profesional sebelumnya. Film yang banyak diwarnai unsur emas yang dikontraskan dengan warna hitam, dan juga tari-tarian di alam ini dibuat dengan koreografi unik, artistik, dan memukau.

Menurut pihak festival IPAMA dalam keterangan resmi yang diterima Obsesionnews, Minggu (22/11/2015), menjelaskan, pemilihan pemenang ini merupakan tantangan tersendiri karena banyaknya film berkualitas yang menjadi nominasi pemenang film terbaik.

Film Escapes dan The Golds akan diputar di Jakarta dalam bulan November ini. Festival IPAMA mengandeng kerjasama dengan partner-partner festival internasional lainnya, yaitu International Film Festival for Spirituality, Religion, and Visionary (IFFSRV), Filmmakers Of The Year Film Festival (FOTY), International Student and Newcomer (ISENMA) dan diselenggarakan oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR), iHebat International Volunteers, Universitas Indonesia, Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA), World Film Council, beberapa SMA Negeri dan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media partner dan penyelenggara. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.