Selasa, 21 September 21

Fiji Tiru Indonesia Tangani Kemiskinan

Fiji Tiru Indonesia Tangani Kemiskinan

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah Republik Fiji melalui Kementerian Kesejahteraan Sosialnya kembali berkunjung ke Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Kementerian Sosial RI. Hal ini diwujudkan dalam perpanjangan ‎MOU antara kedua negara.

Dimana sebelumnya Kemensos sudah pernah melakukan kerja sama dengan Kementerian Kesejahteraan Sosial Fiji dan akan berakhir pada November 2015. ‎Mensos Khafifah Indar Parawansa mengatakan, Pemerintah Fiji akan belajar ke Indonesia tentang penanganan kemiskinan dan penyandang disabilitas satu pekan.

“Menteri Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan Republik Fiji akan berkunjung ke lembaga UPT Kementerian Sosial yakni vocational training penyandang disabilitas dan ke rumah perlindungan sosial anak,” katanya usai penandatanganan MoU di kantor Kemsos, Jakarta, Selasa (9/6).

Khafifah mengungkapkan, selama Pemerintah Fiji melakukan kunjungan kerja di Indonesia, maka segala fasilitas dan pendanaan akan ditanggung oleh Kementerian Sosial. Menurutnya, hal tersebut bagian dari rangkaian kegiatan Kemensos. “Selama itu menyangkut dengan kegiatan sosial maka pendanaan juga dari Mensos,” jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik FIJI untuk Indonesia Ratu Cavnilati mengatakan, Pemerintah Fiji memang perlu belajar banyak terhadap Indonesia tentang menyelesaian masalah sosial berkaitan dengan kemiskinan. Terlebih kedua negara sudah memiliki hubungan yang baik cukup lama.

“Fiji dan Indonesia berteman baik, diplomasi yang dibangun juga cukup lama. Tentunya Fiji perlu banyak belajar dari Indonesia,” ucapnya.

Fiji sendiri merupakan negara kecil dengan penduduk 1 juta orang. Ini jelas berbeda jauh dengan Indonesia yang mencapai 200 juta lebih. Tentunya, kata Ratu Indonesia sudah terbiasa menghadapi persoalan sosial seperti kemiskinan, dan penanganan terhadap penyandang disabilitas. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.