Selasa, 24 November 20

FIFA Umumkan 4 Kandidat Calon Presiden Baru

FIFA Umumkan 4 Kandidat Calon Presiden Baru

Zurich, Obsessionnews – Akhirnya FIFA mengumumkan empat kandidat yang bakal bertarung bertarung menuju kursi presiden FIFA periode 2015-2019. HRH Prince Ali Bin Al Hussein, Luis Figo, dan Michael van Praag akan menantang sang incumbent Sepp Blatter.

Menurut berita yang dikeluarkan oleh situs resmi FIFA, tim komite pemilihan FIFA akan memproses empat kandidat yang dinyatakan siap dalam perebutan posisi sebagai presiden.

“Ini awal yang luar biasa, terima kasih saya pada semua orang yang mendukung. Dukungan dari asosiasi sepakbola dan seluruh keluarga sepakbola telah memberikan saya semangat,” ujar Figo, seperti dilansir Mirror.

Namun, keempat nama tersebut masih bisa tercoret dari daftar kandidat karena harus melewati investigasi dari Komite Etik yang terdiri dari sosok independen. Pemeriksaan ini akan berlangsung selama 10 hari, seperti dalam regulasi pemilihan.

Setelah itu, Komite Pemilihan akan kembali memilih seluruh nama yang terdaftar dan kelengkapan dokumen mereka. Barulah Komite Pemilihan mengumumkan nama-nama calon presiden FIFA yang resmi.

Ada dua nama yang terlempar dari persaingan menuju kursi FIFA 1 yaitu Jerome Champagne dan David Ginola. Keduanya gagal mendapatkan dukungan minimal 5 persen dari para anggota.

Figo dan Ketua Asosiasi Sepakbola Belanda, Van Praag, mendapatkan dukungan setidaknya dari 10 Asosiasi Sepakbola Eropa. Sementara itu, FA Inggris telah mengumumkan akan mendukung Prince Ali bin al-Hussein asal Yordania, yang merupakan Ketua AFC dan juga Wakil Presiden FIFA.

Blatter memang dalam tekanan selama beberapa bulan terakhir akibat berbagai skandal dugaan korupsi yang menyelimuti FIFA. Namun, Blatter tetap maju dalam pencalonannya yang kelima kali. Pemilihan presiden FIFA akan digelar 31 Mei 2015 mendatang. (Herdianto)

Related posts