Kamis, 25 April 24

FIFA Depak Rusia dari Piala Dunia 2022

FIFA Depak Rusia dari Piala Dunia 2022
* Timnas Rusia. (Getty/Goal)

Buntut dari serangan Rusia ke Ukraina, membuat Timnas Rusia ditendang dari kualifikasi Piala Dunia 2022, oleh FIFA.  Hal ini membuat lawannya, Polandia secara otomatis melaju ke final play-off Jalur B, di mana akan bermain lawan Swedia atau Republik Ceko.

Tak  cuma mendepak Rusia, FIFA juga mengumumkan akan menunda pertandingan Ukraina di play-off.

Tindakan tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas invasi militer Rusia baru-baru ini ke Ukraina, yang telah mendapat kecaman dari seluruh dunia dan membuat Polandia menolak untuk bermain lawan Rusia.

Juga terkait dengan invasi tersebut, laga play-off antara Ukraina dan Skotlandia ditunda hingga Juni.

Rusia telah dilarang tanpa batas waktu untuk tampil di kompetisi internasional, dan klub mereka tidak diizinkan untuk berpartisipasi di panggung UEFA.

Dua keputusan itu membuat Spartak Moskwa tersingkir dari fase gugur Liga Europa musim ini.

“Sepakbola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina,” tulis FIFA dan UEFA dalam sebuah pernyataan akhir bulan lalu.

“Kedua Presiden berharap situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepakbola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang.”

Selain itu, oligarki Rusia Roman Abramovich mengatakan ia akan menjual Chelsea di tengah dugaan hubungan dan keterlibatannya dengan aksi presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Asosiasi Sepakbola Ukraina [UFA] menulis kepada FIFA meminta agar pertandingan kualifikasinya dijadwal ulang karena ketidakmungkinan mengatur perjalanan dan pelatihan tim dalam keadaan saat ini,” kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

“Menyusul konsultasi dengan UEFA dan empat asosiasi anggota yang berpartisipasi di Jalur A play-off kualifikasi Eropa, dengan suara bulat disepakati dalam semangat solidaritas untuk menerima permintaan ini.”

“Pertandingan antara Skotlandia dan Ukraina, awalnya dijadwalkan pada 24 Maret 2022, sekarang akan ditunda ke jendela Juni yang ada, dan akibatnya, pertandingan antara pemenang Skotlandia vs Ukraina dan Wales vs Austria juga akan ditunda ke jendela yang sama.” (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.