Jumat, 15 November 19

FIFA Bantah Rekayasa Penghargaan Messi

FIFA Bantah Rekayasa Penghargaan Messi
* Mersi sebagai Pemain Terbaik Pria FIFA 2019/ (fifa.com)

Banyak tudingan yang menyebut FIFA melakukan rekayasa dalam penghargaan pemain terbaik yang dimenangkan oleh jawara Barcelona Lionel Messi.

Namun, FIFA membantah adanya rekayasa dalam proses pemilihan Pemain Terbaik Pria FIFA 2019, yang dianggap banyak pihak lebih menguntungkan Messi.

Sang bintang Barcelona asal Argentina tersebut terpilih sebagai pemain terbaik tahun ini dalam acara FIFA yang digelar di Milan pada awal pekan ini, mengungguli bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk dan superstar Juventus, Cristiano Ronaldo.

Delegasi dan para pemain yang terhubung dengan federasi berbagai negara mengirimkan suara mereka untuk memilih pemain terbaik dan FIFA menyebut tidak ada rekayasa dalam proses tersebut.

Pernyataan dari induk sepakbola dunia tersebut yang dirilis pada Jumat (27/9), berbunyi: “FIFA kecewa melihat sejumlah laporan di media yang mempertanyakan integritas dari proses pemungutan suara untuk penghargaan tersebut.”

“Laporan-laporan tersebut tidak adil dan menyesatkan. Prosedur pemungutan suara untuk setiap penghargaan diawasi dan dipantau oleh pengamat independen, dalam hal ini PricewaterhouseCoopers (PwC) dari Swiss.”

Pernyataan tersebut menambahkan keterangan bahwa setiap anggota federasi telah diminta untuk menyerahkan formulir suara baik secara elektronik mau pun dalam bentuk cetak.

“Dokumen tertulis juga harus ditandatangani oleh orang-orang yang punya wewenang dari federasi serta orang-orang yang memang berhak memilih,” lanjut rilis tersebut.

“Maka dari itu agar pemungutan suara sah, harus menyertakan tanda tangan masing-masing dan stempel federasi anggota.”

“Baik FIFA dan para pengamat independen dapat menunjukkan bahwa suara yang diajukan sesuai dengan aturan dan dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. Konsekuensinya, tidak ada keraguan sama sekali mengenai autentikasi hasil.”

“Jika ada kesalahan, dan bahkan jika tidak mempengaruhi hasil pemungutan suara, FIFA akan menyelidiki dan menerapkan sanksi apabila diperlukan.”

Gelar pemain terbaik tahun ini dari FIFA merupakan yang pertama kalinya didapatkan oleh Messi, sejak berpisah dari Ballon d’Or dan diluncurkan sejak 2016. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo dan Luka Modric menjadi pemenang. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.