Rabu, 1 Februari 23

Festival Holi Jadi Trending Topic di Google

Festival Holi Jadi Trending Topic di Google
* Kegembiraan warga saat mengikuti Festival Holi.

Jakarta, Obsessionnews – Festival Holi menjadi trending topic di mesin pencarian Google hari ini, Kamis (24/3/2016). Sebanyak 500 ribu lebih pembaca begitu antusias menanti festival tahunan tersebut. Lalu seperti apa Festival Holi tersebut?

Jika anda membuka Google hari ini, akan terlihat logo Google penuh dengan animasi warna-warni. Hal ini menunjukkan betapa meriahnya Festival Holi atau festival berwarna yang begitu menarik perhatian dunia. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trend, Festival Holi menjadi nomor satu yang paling dicari pembaca di dunia.

Festival Holi merupakan tradisi populer dunia, yang digelar untuk menyambut datangnya musim semi serta berakhirnya musim dingin di beberapa negara dengan mayoritas beragama Hindu seperti India, Nepal, Bangladesh, Suriname dan lain-lainnya. Di Benggala Barat dan Bangladesh, festival ini disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival musim semi).

Festival Holi -
Meriahnya Festival Holi.

Festival Holi sendiri dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat yang berhubungan dengan Dewa Kresna seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana. Selama 16 hari masa Festival Holi, kota-kota tersebut ramai didatangi wisatawan. Sedangkan hingga pada akhir Festival Holi ini disebut dengan Rangapanchami yang terjadi ketika Panchami (hari ke-5 bulan purnama).

Selain itu, Dhulheti, Dhulandi, atau Dhulendi merupakan nama sebutan bagi orang yang merayakan Festival Holi. Perayaan tersebut dilakukan dengan menyiram air dengan berbagai aneka warna, serta saling melempar bubuk.

Perayaan Festival Holi itu berlangsung kemarin, Rabu (23/3/2016) di Kantor Konsulat Jenderal sekaligus tempat tinggal Konsul Jenderal India, Basir Ahmed, India.

Sementara di Indonesia sendiri Festival Holi diadakan di Medan, karena di daerah tersebut terdapat minoritas keturunan India. Namun seiring perkembangan zaman, Festival Holi sendiri kini tidak hanya diadakan sesuai tradisi di India. Di belahan negara lainnya, festival tersebut bahkan diadakan untuk memeriahkan berbagai acara dengan melakukan aksi lari jarak tempuh tertentu sambil saling melempar air berwarna ke sesama peserta dengan berbagai tema. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.