Kamis, 9 Desember 21

Festival Batu Akik Pertama Digelar di Purwakarta

Festival Batu Akik Pertama Digelar di Purwakarta
* Walau dingin usai hujan minat pengunjung tetap antusias pada Festival Akik Pasundan

Purwakarta, Obsessionnews – Ratusan penggemar batu akik memadati arena “Festival Akik Pasundan” yang diselenggarakan di depan Gedung Kembar Purakarta. Malam menjelang penutupan arena Festival usai diguyur hujan tidak menyurutkan para penggemar untuk melihat-lihat bahkan membeli untuk menambah koleksi.

Menurut salah seorang pengunjung yang juga penggemar batu akik, Yudi Gunawan, keberadaan acara ini cukup menarik. “Ada unsur asyiknya juga bisa melihat aneka macam batu,” ujarnya kepada Obsessionnews, Sabtu malam (2/5/2015).

Ragamnya pun bagus-bagus dari berbagai daerah. Yudi masih menyayangkan koleksi yang ditampilkan asli Purwakarta masih terbatas. Masih lebih banyak dari luar. Seperti dari Garut dan Aceh. “Kayaknya dengan kegiatan seperti (festival) ini bisa meningkatkan semangat kompetisi dalam menampilkan batu asli (Purwakarta) sini,” ujarnya menambahkan.

Hal senada disampaikan pngunjiung lian, sebut saja Asep – yang mengatakan bahwa dari banyaknya jenis batu masih kalah dengan daerah lain. Namun Asep masih berharap kegiatan Festival ini tetap ada. “Mungkin diacara berikutnya koleksinya nambah banyak dari ini,” tambah Asep sambil memeperhatikan beberpa koleksi.

Acara Festival Akik kali ini merupakan yang Pertama diselelnggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta dari tanggal 28 April sampai 3 Mei 2015.

Jenis ragam Batu Akik di tampilkan pada Festival Akik Pasundan di Purwakarta
Jenis ragam Batu Akik di tampilkan pada Festival Akik Pasundan di Purwakarta

Pada Festival dilaksanakan lomba dan sertipikasi Batu Akik. Hasil lomba yang diumumkan panitia ialah:

Untuk Lomba Kelas Batu Akik Khas Purwakarta dimenangkan oleh Dadang Nurhidayat (A-06)
Kelas Batu Akik Bermotif dengan Juara Pertama oleh Ade Sarmin (B-39), Juara Kedua oleh Sofyan Hadi (B-47) dan Juara Ketiga oleh Aa Gunawan (B-07)
Lomba Kelas Batu Akik Bergambar Juara Pertama diraih oleh Adil Faradilla (C-10), Juara Kedua oleh Teni Subiantara (C-33) dan Jiuara Ketiga oleh Sapta Aji (C-35)
Lomba Kelas Batu Akik Polos Juara Pertama dan Kedua oleh Imam Wahyudi masing-masing nomor lomba (D-05) dan (D-04) serta Juara Ketiga oleh Haris Budiman.
Lomba Kelas Liontin Bergambar
Juara Pertama diraih oleh Sapto Aji (F-59), Kedua oleh Mulhadi Praja (F-58), Ketiga oleh Gilang Radesta Putra (F-24) dan Juara Harapan oleh Roik Iskandar (F-24).

Selaku Tim penilal lomba adalah dari Narji Gamestone. Dari pemandangan Obsessionnews sepanjang malam tadi selain acara Festival digelar penampilan seni tari dan miusik serta jajanan yang merupakan kegioatan rutin setiap Sabtu malam. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.