Jumat, 24 Maret 23

Ferry KPU Sarankan Anggaran Pilkada 2017 Melalui APBN

Ferry KPU Sarankan Anggaran Pilkada 2017 Melalui APBN
* Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Foto : Kapoy/Obsessionnews.com)

Lembang, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar diskusi publik dan Media Gathering Bawaslu RI 2017 yang bertema “Evaluasi Penyelenggaraan  Pilkada Serentak 2017” di Trizara Resorts, Jl Pasirwangi Wetan, Lembang pada Jumat (7/4/2017).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatam Sipil Kemendagri, I Gede Suratha, Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Pimpinan Bawaslu Nelson Simanjuntak dan Koordinator Nasional JPPR, Masykurudin Hafidz.

Ferry mengatakan, evaluasi penyelenggaraan Pemilu dilihat dari dua aspek. Kedua aspek itu meliputi integritas manajemen Pilkada dan integritas Proses Pilkada. Menurutnya, integritas manajemen Pilkada terkait anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada penyelenggaraan Pemilu.

Untuk itu, Ferry mengusulkan ke depannya pemerintah harus dapat menentukan apa itu Pilkada.

“Perlu didudukkan kembali apakah Pilkada termasuk rezim Pemilu atau Pilkada rezim Pemerintah Daerah,” kata Ferry.

Menurutnya, penetapan Pilkada sebagai rezim Pemilu atau Pemerintah Daerah sangat berpengaruh pada penganggaran, lantaran saat ini Pilkada dianggap sebagai rezim Pemerintah Daerah sehingga menggunakan anggaran dari daerah masing-masing.

“Karena pernyataan tersebut cukup mempengaruhi penyelenggaraan Pilkada,” ujarnya.

Mantan Komisioner KPU Jawa Barat itu menilai sebaiknya Pilkada dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena penganggaran terpusat lebih memudahkan manajemen Pemilu.

Sementara terkait integritas proses Pilkada, Ferry mengatakan, evaluasi harus dilakukan terkait penguatan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, dana kampanye, logistik, pemungutan dan penghitungan suara. (Kapoy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.