Senin, 27 September 21

Fasilitator PNPM Pedesaan Diaktifkan Kembali

Fasilitator PNPM Pedesaan Diaktifkan Kembali

Padang, Obsessionnews – 360 fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan akan diaktifkan kembali per 1 Juli 2015 menjadi pendamping dana desa. Mereka akan menjadi pendamping dimana mereka berdomisili.

Kepala BPM, Syafrizal mengatakan, delama empat bulan pertama bertugas, mereka akan menyelesaikan pekerjaan yang tercecer selama mereka tidak aktif dilapangan sebagai pendamping.

“Setelah mereka aktifkan mendampingi, mereka di kirim lagi ke daerah pengabdian sewaktu menjadi fasilitator. Baru setelah satu bulan itu akan dievaluasi lagi apakah mereka ingin pindah atau tetap ingin ditempatkan daerah pengabdian sebelumnya. Kemudian kita minta mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang belum tuntan. Selain itu mereka juga diminta untuk menyelesaikan Simpan Pinjam Perempuan (SPP),” kata Syafrizal saat ditemui di kantornya, Senin (29/6).

Khusus penyelesaian SPP diharapkan segera bisa dituntaskan mengingat uang yang beredar cukup banyak yaitu mencapai Rp1.2 triliun.

Selain mengaktifkan kembali 360 fasilitator, BPM juga akan merekrut 200 orang tenaga baru untuk pendamping dana desa. Pendamping dana desa yang direkrut harus memenuhi kualifikasi dan persyarakat, minimal berijazah SMA/SMK dan berusia 35 tahun.

Tenaga pendamping dana. Desa yang baru direkrut itu juga akan
Ditempatkan di desa mereka masing-masing.

“Pendamping dana desa berhak mendapat gaji dan operasional sekitar Rp29 miliar,” kata Syafrizal.
(Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.