Kamis, 9 Desember 21

Fasilitas Infrastruktur Bantu Daya Saing Industri

Fasilitas Infrastruktur Bantu Daya Saing Industri

Jakarta, Obsessionnews – Kawasan industri menjadi bagian dari penguatan daya saing karena kemajuan sektor industri harus didukung dengan penyediaan lokasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas infrastruktur pendukung industri.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perindustrian Saleh Husin. Untuk itu, menurutnya, penyediaan kawasan-kawasan industri menjadi salah satu prioritas dalam program pembangunan industri nasional ke depan.

Khususnya, kontribusi kawasan industri terhadap perkembangan sektor industri nasional sangat signifikan.

“Kawasan industri menyumbang sekitar 40 persen dari nilai total ekspor non-migas dan menarik investasi sekitar 60 persen dari total investasi sektor industri serta sekaligus memberikan kontribusi yang sangat besar dalam penerimaan negara dalam bentuk berbagai macam pajak,” kata Menperin Saleh Husin, Kamis (2/6/2016).

Pemerintah juga telah menyusun arah kebijakan sektor industri nasional termasuk mendorong pengembangan perwilayahan industri ke Luar Jawa, baik dalam bentuk kawasan peruntukan industri, kawasan industri, maupun sentra industri kecil dan menengah.

Selain itu, Pemerintah juga mendorong penumbuhan populasi industri serta peningkatan daya saing dan produktivitas khususnya bagi industri di Luar Jawa.

Pada tahun 2035, diharapkan persentase penyebaran industri di luar Jawa meningkat menjadi 40 persen dari persentase saat ini yang sebesar 27,22 persen.

Guna mendorong hal tersebut, pemerintah saat ini telah menetapkan 14 kawasan industri prioritas yang dibangun di luar Jawa dengan perincian 7 kawasan industri dibangun di wilayah Timur dan sisanya di wilayah Barat. Pembangunan kawasan industri baru tersebut diarahkan untuk bisa tumbuh menjadi kota-kota industri baru yang mandiri dan modern. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.