Sabtu, 25 September 21

Fans Bola Senang Teriakan ‘Booo’

Fans Bola Senang Teriakan ‘Booo’
* Fans Hongkong dan Spanduk Boooo (reuters)

Hongkong, Obsessionews- Pertandingan bola di luar negeri sedang trend untuk meneriakkan kata booo. Pada 17 November lalu ketika pertandingan Hongkong melawan Tiongkok yang berakhir imbang 0-0 fans tuan rumah membawa tulisan berisi tulisan booo. Hal ini berbuntut investigasi oleh FIFA.

Federasi sepakbola Hongkong (HKFA) melalui Direktur Eksekutif, Mark Sutcliffe kecewa dengan putusan denda FIFA yang dijatuhkan pada hari ini, karena mereka menggangap itu dilakukan oleh sebagian kecil fans. Dan Federasi Sepakbola Hongkong mengaku sudah melakukan upaya agar laga tersebut terhindar dari bentrok.

Hasilnya memang terlihat aneh, suporter kedua tim masuk stadion melalui pintu berbeda, bahkan toilet pun dibedakan.

Hal ini bersifat politis, karena Hongkong dan Tiongkok secara historis memang tidak harmonis. Apalagi tahun lalu ribuan orang pro demokrasi Hongkong protes kepada hukum yang akan diberlakukan pada Hongkong oleh Tiongkok.

Hasil imbang 0-0 ini menyebabkan peluang Tiongkok untuk lolos ke babak selanjutnya di kualifikasi Piala Dunia 2018 menjadi kecil, sementara masih ada dua laga tersisa.

Pertandingan persahabatan Turki melawan Yunani, 17 November, juga diwanai teriakan boo oleh fans Turki. Padahal di awal laga sedang mengheningkan cipta untuk menghormati korban teror Paris.

Tambahan lagi, Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras dan PM Turki Ahmed Davutoglu ikut menonton.
Hubungan kedua negara bertetangga ini kurang harmonis

Turki lolos ke Piala Eropa 2016, sementara Yunani gagal.

Saat el clasico akhir pekan lalu, fans Real Madrid juga meneriaki bek Barca, Gerard Pique, karena ia pendukung fanatik kemerdekaan Catalonia dari Spanyol. (Reuters/AFP/marca/baron)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.