Sabtu, 20 April 24

FAM Galuh Ciamis Gelar Literasi Kearifan Lokal

FAM Galuh Ciamis Gelar Literasi Kearifan Lokal
* Siswa SD Ciamis menulis di alam sebagai salah satu kegiatan literasi Forum Aktif Menulis (FAM) Cabang Galuh Ciamis
Yus Rusmana Sudia, Koordinator FAM Galuh Ciamis
Yus Rusmana Sudia, Koordinator FAM Cabang Galuh Ciamis.

Ciamis, Obsessionnews – Pengurus Forum Aktif Menulis (FAM) Cabang Galuh Ciamis, Jawa Barat, akan menggelar kegiatan kearifan lokal bertajuk ‘Literasi Raya Galuh-Galeuh-Galih Ciamis 2015’ pada Juni 2015 mendatang. Kegiatan tersebut dihelat dalam rangka sebagai kado ulang tahun Kota Ciamis.

Koordinator FAM Cabang Galuh Ciamis Yus Rusmana Sudia dalam keterangan kepada media, Kamis (30/4/2015), menyatakan, kegiatannya berupa peluncuran dan bedah buku antologi puisi, cerpen, novel karya siswa dan guru serta buku antologi puisi dan cerpen karya pengarang Ciamis.

Kegiatan perdana yang dihelat pengurus FAM Galuh Ciamis itu, menurut rencana akan dihadiri  Sekretaris Jenderal (Sekjen)  FAM Indonesia Aliya Nurlela. Aliyah juga dikenal sebagai penulis novel Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh yang terbit tahun 2014. (Baca Juga: Aliya Nurlela Rilis Buku Cerpen ‘Sepucuk Surat Beku di Jendela’)

Sekjen FAM Indonesia  Aliya Nurlela
Sekjen FAM Indonesia Aliya Nurlela

Meski FAM Galuh Ciamis baru berdiri, pengurusnya aktif mengadakan kegiatan literasi, khususnya membina siswa untuk membaca dan menulis di sekolah-sekolah.

Beberapa pengurus FAM Cabang Galuh Ciamis.
Beberapa pengurus FAM Cabang Galuh Ciamis.

Selain itu, program literasi FAM Galuh Ciamis tahun ini yang telah disiapkan, di antaranya mengadakan event literasi bulanan, wisata menulis di objek-objek wisata dan budaya di Ciamis, menerbitkan buku sastra dan majalah, serta melakukan temu darat dan silaturahim berkala dengan sejumlah pihak yang berkompeten untuk ikut mendukung gerakan literasi di Ciamis.

Pengurus FAM Galuh Ciamis adalah Desri Latifatunnisa (Sekretaris), Dewi Rahayu dan Elly Mulyaningsih (Bidang Giat Baca-Tulis Tingkat SD), Ai Santi, Susi Susilawati, Findrie Febriani (Bidang Giat Baca-Tulis Mahasiswa), dan Hani Arya Nugraha, Hani Hanifah, Lintang Candra Kirana Ningrum, Bunyamin, Nur’adzin (Bidang Giat Baca-Tulis SLTP/SLTA). Selain itu Arwan Ruswandi, Hamim Mulyana, Syahrul Aziz, M.Pd (Bidang Giat Baca Tulis Pesantren dan Umum), dan H. Taufik dan Sena (Desainer/Layouter).

Sekretariat FAM Cabang Galuh Ciamis bertempat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, Desa Selacai No. 415 Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan di Jalan Raya Kawali-Ciamis, Desa Baregbeg No. 212, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Bagi pelajar, mahasiswa, guru dan kalangan umum lainnya di Ciamis yang ingin bergabung menjadi anggota FAM Galuh Ciamis dapat menghubungi nomor kontak 085317273001 atau 085317273002 atau email: [email protected]. (Arif RH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.