Selasa, 7 Desember 21

Fakta Ini Sebut Kapten Jack Sparrow Muslim

Fakta Ini Sebut Kapten Jack Sparrow Muslim
* Jack Sparrow (Foto: The Islamic Information )

Jakarta, Obsessionnews.com Kalau anda pernah menonton film bajak laut yang berjudul “Pirates of the Caribbean” pasti anda kenal sosok kapten bajak laut Jack Sparrow. Peran tengil dan merasa tak punya rasa takut kala menghadapi musuh menjadi ciri khas atau karakter Jack dalam film tersebut.

Karakternya yang nyentrik sukses diperankan oleh aktor kenamaan Johnny Depp. Namun, siapa sangka jika karakter fiksi ini ternyata didasarkan pada kehidupan nyata seorang bajak laut Muslim yang berasal dari abad ke-16 Masehi?

Tapi sayangnya, diduga film tersebut sudah keluar dari fakta sebenarnya. Sejarah mencatat bahwa Kapten Jack Sparrow adalah seorang bajak laut Muslim. Tidak percaya?

Berikut beberapa fakta tentang Jack Sparrow yang jarang diketahui!

Karakter Jack Sparrow yang dimainkan oleh Johnny Depp, pada kenyataannya ia seorang Muslim yang dikenal sebagai Jack Ward, yakni salah satu bajak laut terkenal.

Dia berlayar di Laut Mediterania pada zaman Kekaisaran Ottoman pada abad ke-16. Jack Ward dikenal sebagai “Jack Birdy” atau burung pipit Jack, yang berarti “Jack the Bird”.

Dia disebut demikian, karena dirinya sangat kecanduan dalam membiakkan burung kecil. Dari sanalah, penduduk setempat di Tunisia sering memanggilnya Jack Sparrow. Tapi setelah itu, dia juga dikenal sebagai “Yusuf Reis” setelah dirinya masuk Islam.

Jack lahir dari keluarga miskin di daerah pesisir dan menghabiskan bertahun-tahun masa mudanya memancing di rawa.

Hingga akhirnya, dia dikenal sebagai bajak laut paling berbahaya di wilayah tersebut dan  paling bergengsi di dunia setelah invasi Armada Spanyol pada 1588.

Sejak itulah, Jack dipilih oleh rekan timnya sebagai Kapten. Ketika menjadi kapten, dia mencetak sejarah untuk pertama kalinya. Dia bersama krunya menyerang kapal komersial dalam waktu 2 tahun berturut-turut.

Sejarah juga mencatat bahwa Jack dan semua awak kapalnya masuk Islam. Dia pun berhenti minum alkohol dan menikahi seorang wanita Italia bernama “Jasmine” yang masuk Islam juga.

Fakta tentang keislaman Jack Sparrow ini rupanya dianggap skandal di Eropa. Akibatnya, beberapa penulis menyebut Jack sebagai Jihadis laut atau The Christian Apostate.

Di luar itu semua, Jack memainkan peran besar dalam menyelamatkan banyak orang Muslim dan Yahudi. Di mana mereka dipaksa dan dibakar untuk meninggalkan agama mereka dan beralih ke Kristen setelah negara Andalusia jatuh.

Karena keislamannya itu pula, popularitasnya menurun di Eropa, terutama di kalangan Bajak Laut Inggris yang mengharapkan dia untuk membantu mendapatkan kontrol Mediterania.

Jack Sparrow atau Yusuf Reis adalah karakter yang telah dimainkan di banyak film Hollywood, tetapi semua karakter ini hanya fiktif dan jauh dari yang asli.

Pada 1612 seorang penulis Drama Inggris menggelar pertunjukan teater berjudul “Seorang Kristen berubah menjadi Turki”. Di mana isi teater itu menceritakan sosok Jack Sparrow yang beragama Islam.

(Vina- Dikutip dari The Islamic Information)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.