Selasa, 20 Agustus 19

Fakta-fakta Unik Suriname, Didi Kempot Sangat Terkenal di Sana

Fakta-fakta Unik Suriname, Didi Kempot Sangat Terkenal di Sana
* Didi Kempot. (Foto: Medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Bagi sebagian orang nama Suriname mungkin masih terlihat asing. Namun, siapa sangka negara Surninama punya hubungan dekat dengan Indonesia, terutama kesamaan secara kultur dan kebudayaanya dengan suku Jawa

Suriname merupakan sebuah negara yang berada di Benua Amerika. Suriname diapit oleh tiga negara yaitu Guyana di sebelah barat, Guyana Prancis di sebelah timur, dan Brasil di sebelah selatan. Suriname memiliki ibu kota yang bernama Paramarimbo.

Berikut fakta-fakta unik Suriname yang punya hubungan dekat dengan Indonesia.

1. Masyarakat Suriname pintar bahasa Jawa

Masyarakat Suriname bisa menggunakan bahasa Jawa di kehidupan sehari-hari karena pada zaman penjajahan dulu, Belanda membawa orang-orang Jawa dari Indonesia ke Suriname untuk dipekerjakan. Nah, seiring berjalannya waktu, kultur Jawa mulai menyatu di Suriname. Inilah yang membuat masyarakat Suriname bisa menggunakan bahasa Jawa.

2. Didi Kempot sangat terkenal di Suriname

Penyanyi satu ini ternyata sangat terkenal di Suriname. Mungkin karena sudah banyak orang keturunan Jawa di Suriname sehingga selera musiknya tidak jauh dari unsur Jawa. Menurut Soewarto Moestadja, politikus asal Suriname, masyarakat Suriname sangat menyukai lagu-lagu Didi Kempot.

3. Memiliki cara unik untuk menentukan hari raya Idul Fitri

Untuk menentukan tanggal 1 Syawal, biasanya ada dua cara yang harus dilakukan pertama dengan metode hilal dan hisab. Tapi ada hal unik untuk menentukan hari raya Idul Fitri di Suriname. Masyarakat Suriname menentukan hari raya Idul Fitri menggunakan perhitungan primbon. Seperti yang kita tahu, primbon merupakan peninggalan nenek moyang dari Jawa.

4. Pemain sepakbola Belanda punya kedekatan dengan Suriname

Bagi para penggemar sepakbola, tahu kan nama Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Edgar Davids, dan Nigel de Jong? Mereka merupakan pesepak bola terkenal asal Belanda yang merupakan keturunan Suriname. Suriname merupakan negara bekas jajahan Belanda. Seperti kultur Jawa, kultur Belanda pun menyatu di Suriname. Maka dari itu tak heran jika ada orang Belanda yang memiliki keturunan Suriname.

5. Orang Suriname membutuhkan persetujuan tertulis dari orang tuanya sebelum menikah

Sebelum menikah, biasanya orang Indonesia hanya memerlukan restu dari orangtua saja. Tetapi restu saja tidak cukup bagi orang Suriname. Bagi orang Suriname yang berumur di bawah 30 tahun, mereka tidak boleh menikah tanpa persetujuan tertulis dari orangtua. Jadi kalau orang Suriname tidak mengantongi persetujuan tertulis dari orangtuanya, maka pernikahannya tidak sah. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.