Rabu, 29 Juni 22

Faisal Basri Bantah Ekonomi Indonesia Dikuasai Asing

Faisal Basri Bantah Ekonomi Indonesia Dikuasai Asing
* Ekonom Faisal Basri. (Foto : CNN Indonesia)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ekonom Faisal Basri membantah anggapan yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia sepenuhnya telah dikuasai oleh pihak asing. Porsi asing hanya 1 persen berbanding 99 persen.

“Jadi hampir 99 persen semua perusahaan nasional (ketimbang perusahaan asing di Indonesia),” kata Faisal dalam diskusi bertajuk ‘Benarkah Ekonomi Indonesia dikuasai Asing’ di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Faisal mengatakan,  seluruh perusahaan di Indonesia mayoritas dimiliki oleh pengusaha dalam negeri ketimbang dimiliki pihak asing. Ia juga menjabarkan perusahaan-perusahaan di Indonesia yang dimiliki dalam negeri, yakni  perusahaan keuangan hingga transportasi.

“Coba kita telaah sektor-persektor mana wilayah asingnya. Pertama, bank itu BRI, BNI, Mandiri semua Indonesia. Telekomunikasi paling banyak Telkom. Chevron kalah sama Pertamina,” kata Faisal.

Sedangkan dari segi pembangunan Faisal menyebut pihak asing hanya sebagai kontraktor yang dibayar pemerintah. Sama halnya dengan segi transportasi. Ia menyebut di Indonesia PT KAI hingga MRT milik Indonesia.

“Semen walaupun ada tiga asing. Holcim punya asing tapi yang dominan punya Indonesia. Kemudian garam punya Indonesia,” katanya. (Has)

 

Baca juga:

Sebaiknya Faisal Basri Sarankan Menkeu SMI Mundur dari Kabinet

Soal Pertamina, Rizal Ramli dan Faisal Basri Saling Kritik

Harusnya Faisal Basri Jangan Banyak Mulut

Faisal Basri Ditantang Ungkap Nama-nama Mafia Migas di Kantongnya

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.