Sabtu, 20 April 24

Fahmi, Penyandang Disabilitas yang Diterima di UGM

Fahmi, Penyandang Disabilitas yang Diterima di UGM
* Muhammad Fahmi Husaen.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Cacat fisik bukan penghalang untuk meraih kesuksesan dalam berbagai bidang. Banyak penyandang disabilitas atau penyandang cacat yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Bahkan tidak sedikit orang cacat yang memiliki lebih banyak prestasi dari orang-orang normal!

Salah seorang penyandang disabilitas itu adalah Muhammad Fahmi Husaen. Fahmi, sapaan akrabnya, gigih menuntut ilmu. Ia adalah mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, angkatan 2016 yang diterima di Program Studi D3 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Sekolah Vokasi

Sejak duduk di bangku SMP, Fahmi menggunakan kursi roda dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Gejala muscular distrophy atau distrofi otot yang dideritanya mulai terlihat di usia kanak-kanak ketika ototnya perlahan-lahan semakin melemah. Penyakit ini pun membuatnya kesulitan untuk berjalan sehingga ia akhirnya menggunakan kursi roda.

Tetapi, hal ini tidak mengurangi semangatnya untuk tetap beraktivitas seperti teman-temannya, terutama dalam menuntut ilmu. Tekad untuk memperoleh pendidikan yang terbaik mendorongnya untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru UGM melalui jalur Ujian Tulis (UTUL).

“Di Yogyakarta universitas yang terbaik memang UGM, karena itu saya ingin kuliah di sini,” tutur Fahmi saat ditemui di Lapangan Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, Senin (1/8/2016).

Seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM Selasa (2/8), mempelajari ilmu komputer telah menjadi keinginannya sejak dulu. Sejak kecil ia memang sudah tertarik dengan komputer, khususnya berkaitan dengan game dan animasi. Karena itu ia merasa bersemangat untuk mempelari secara mendalam mengenai dua hal ini saat kuliah nantinya.

“Dari kecil memang suka dengan komputer. Nanti setelah lulus saya mau jadi entrepreneur, membuat perusahaan yang mengembangkan sistem informasi dan otomotif,” jelasnya.

Saat mengikuti upacara pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM, Senin (1/8), semangat yang ia tunjukkan membuatnya sempat diajak berbincang oleh beberapa tamu undangan, termasuk di antaranya Gubernur Jawa Tengah yang juga Ketua Umum KAGAMA, Ganjar Pranowo.

Fahmi juga sempat berbincang dengan dosen Sekolah Vokasi yang juga dikenal sebagai pembuat film, Wikan Sakarinto. Dalam kesempatan tersebut Fahmi menceritakan ketertarikannya terhadap bidang animasi dan mendapat respons baik dari Wikan.

“Kita perlu animator-animator handal untuk mengembangkan animasi di Indonesia. Nanti saya punya pekerjaan bagus buat kamu, akan saya ajak untuk membuat proyek animasi,” ucapnya kepada Fahmi.

Memasuki masa studinya sebagai mahasiswa di UGM, Fahmi berharap dapat memperoleh banyak ilmu dan pengalaman, yang menjadi bekal baginya untuk dapat berkarya di waktu mendatang. Dengan dukungan dari keluarga dan teman-temannya, ia optimis dapat mewujudkan cita-citanya.

Dia berharap nanti dapat terus berkarya, bisa mengembangkan teknologi informasi dan membuat produk-produk yang bermanfaat. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Mengagumkan! Anak Pemulung Kuliah di FK UGM

30 Persen Mahasiswa UGM Berasal dari Keluarga Miskin

Rektor UGM Beri Sepeda Onthel Untuk Mahasiswa

Penerjun Payung Sapa Mahasiswa Baru UGM

Luar Biasa! Baru Berusia 15 Tahun, Nida Aqidatus Kuliah di UGM

Anak dari Keluarga Berekonomi Lemah Ini Diterima di FEB UGM

Mengagumkan! Tias, Anak Penjual Es Diterima Kuliah di UGM

Hebat! Novi, Anak Buruh yang Diterima Kuliah di FH UGM

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.