Selasa, 5 Juli 22

Fahira Idris Ditetapkan sebagai Ketum DAIYAH Parmusi

Fahira Idris Ditetapkan sebagai Ketum DAIYAH Parmusi
* Anggota DPD RI Fahira Idris. (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Obsessionnews.com –  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah Pemilihan DKI Jakarta Fahira Idris ditetapkan menjadi Ketua Umum (Ketum) PP DAIYAH Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia), Selasa (17/5/2022) malam.

 

Anggota DPD RI Fahira Idris diapit oleh Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam dan Nurcahyani, isteri sekjen Parmusi Abdurrahman Syagaff, menandatangani naskah Deklarasi Ortom DAIYAH Parmusi di Parmusi Center di Jalan Sagu, Jakarta Selatan, Selasa (17/05/2022). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

 

Baca juga:

Rektor ITK Diberhentikan Sebagai Reviewer, Fahira Idris: Jangan Sampai Ada Lagi Reviewer LPDP Seperti Itu

Dinobatkan Sebagai Srikandi Tangguh 2022, Fahira Idris: Perempuan Itu Penggerak dan Pembawa Perubahan

 

 

Penetapan tersebut diumumkan oleh Ketua Umum PP Parmusi Usamah Hisyam didampingi Sekjen Parmusi Abdurrahman Syagaff dan Bendahara Umum Dewi Achyani serta puluhan Pengurus dan Lembaga Pusat Parmusi yang menghadiri penandatanganan naskah Deklarasi DAIYAH Parmusi di Parmusi Center, Markas Dakwah Parmusi di kawasan Ragunan Jakarta Selatan.

 

 

DAIYAH Parmusi, kata Usamah, merupakan satu-satunya Organisasi Otonom (Ortom) Parmusi yang dibentuk dan ditetapkan oleh PP Parmusi sesuai AD/ART Parmusi, untuk mendukung gerakan dakwah di kalangan muslimah/muslimat di seluruh Indonesia dengan manhaj dakwah Desa Madani.

Metode dakwah ilallah ini fokus terhadap empat pilar dakwah, yakni peningkatan kualitas iman dan takwa, pengembangan ekonomi keluarga, pemberdayaan sosial, dan pendidikan (baca) Al-Quran.

“Dengan demikian, setelah pelantikan nanti, DAIYAH Parmusi menjadi satu-satunya Ortom perempuan Parmusi yang sah yang dapat membawa nama Parmusi, sebagai organisasi induk,” tandas Usamah. “Kami akan segera mendaftarkan ke Kemendagri, Kemenkumham, Kemenag dan MUI,” tambahnya.

Usamah mengungkapkan, dari rekam jejak, pengetahuan, kemandirian ekonomi, relationship dan garis keturunan, Fahira Idris yang merupakan cucu mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Hasan Basri serta putri pengusaha nasional Fahmi Idris, adalah aktivis pergerakan Islam yang tepat untuk menggerakkan dakwah ilallah secara nasional yang menjadi cita-cita perjuangan Parmusi.

Sejak Parmusi membangun paradigma baru dalam tujuh tahun terakhir dari political oriented menjadi dakwah oriented, Parmusi membagi tiga kategori dai. Pertama, Dai Pembina yang mengarahkan konten dakwah secara syariah yang berhimpun dalam Majelis Syariah dan Lembaga Dakwah Parmusi (LDP), baik di pusat maupun daerah.

Kedua, Dai Pengelola yakni para pimpinan organisasi di tingkat pusat dan daerah yang berperan sebagai manajer dakwah untuk menggerakkan dakwah secara struktural; Dan ketiga, Dai Pelaksana yang merupakan ujung tombak dai yang bergerak di masyarakat untuk melaksanakan dakwah ilallah di lapangan sampai tingkat desa.

Pada September 2018 lalu, Parmusi menggelar Jambore Nasional Dai Parmusi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat yang diikuti lebih dari 5.000 dai dari seluruh daerah. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar kembali dalam Jambore Nasional Dai Desa Madani pada September tahun 2023 di tempat yang sama.

“Insya Allah, dengan adanya Ortom DAIYAH Parmusi, maka dalam Jambore Nasional mendatang semakin banyak daiyah Parmusi yang berkualitas untuk hadir dalam jambore,” ujarnya.

Usamah meyakini, di bawah kepemimpinan Fahira Idris, DAIYAH Parmusi akan solid dan fokus berdakwah sesuai dengan garis kebijakan PP Parmusi sebagai induk organisasi.

Sementara itu Sekjen Parmusi Abdurrahman Syagaff menjelaskan, pelantikan PP DAIYAH Parmusi akan digelar pada Minggu (29/5) pagi di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, bersamaan dengan pelaksanaan Mukernas II yang akan berlangsung pada 26 – 29 Mei 2022.

“Saat itu akan diumumkan susunan personalia PP DAIYAH Parmusi,” ungkap Abdurrahman.

Sebelumnya PP Parmusi juga akan melakukan penyegaran susunan personalia Pengurus Harian Pusat dan Lembaga agar derap langkah ormas dakwah ini semakin solid dan efektif.

Ia menambahkan, dalam acara tersebut, akan dilantik pula para Ketua Pimpinan Wilayah DAIYAH Parmusi yang akan didatangkan dari seluruh provinsi.

Karena itu, ia berharap, seluruh aktivis pergerakan perempuan serta DAIYAH Parmusi di berbagai daerah nantinya segera melapor dan bergabung dalam Ortom DAIYAH Parmusi agar dapat mengikuti Jambore Nasional, yang memiliki peluang menunaikan ibadah umrah bagi para pemenang jambore. (Mam/red/arh) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.